sign up SIGN UP search

moms-life

3 Tips Agar Berhubungan Intim Tetap Nyaman Meski Alami Endometriosis

Mutiara Putri Senin, 17 May 2021 22:15 WIB
Couple is kissing and hugging in bed caption
Jakarta -

Setelah menikah, kegiatan seks adalah salah satu cara agar hubungan pernikahan tetap harmonis, Bunda. Sayangnya, ada beberapa kondisi yang memungkinkan kegiatan seks Bunda dan suami jadi kurang menyenangkan.

Beberapa kondisi yang membuat Bunda merasa tidak nyaman dalam berhubungan seks, misalnya saat Bunda mengalami kondisi endometriosis.

Endometriosis adalah suatu kondisi di mana jaringan endometrium yang membentuk lapisan dinding bermigrasi ke bagian tubuh lain, Bunda. Misalnya saja seperti saluran tuba, ovarium, dan kandung kemih.


Pada banyak wanita, hal ini akan menyebabkan peradangan dan pembengkakan, terutama pada saat menstruasi. Ini juga akan mempengaruhi kehidupan seks Bunda dan suami, lho.

Seorang dokter kandungan di Rumah Sakit Orlando, Florida, Christine Greve, menyatakan bahwa beberapa wanita yang memiliki endometriosis memiliki rasa khawatir saat berhubungan seks, Bunda. Ia juga mengatakan bahwa penetrasi dan gerakan lain dapat menarik dan merenggangkan endometriun sehingga membuat rasa tidak nyaman.

Nyatanya, tidak semua wanita yang memiliki kondisi ini akan merasakan sakit dan nyeri saat berhubungan seks. Namun, wanita dengan endometriosis yang mengalami nyeri saat seks mengatakan rasanya seperti sakit perut hingga seperti ditusuk dengan benda tajam.

Kalau Bunda mengalami endometriosis, ada beberapa tips yang bisa Bunda lakukan sebelum melakukan hubungan seks dengan suami, nih. Dilansir laman Health, berikut ini adalah 3 tipsnya.

1. Biarkan suami tahu apa yang Bunda rasakan

Seorang dokter dan pakar kesehatan wanita di Santa Monica, California, Sherry A. Ross, mengatakan bahwa sangat penting untuk membicarakan hal yang Bunda rasakan terutama dalam hal masalah seksual, Bunda. Membicarakannya adalah kunci dalam menangani bagaimana endometriosis dapat mengganggu kegiatan intim Bunda.

"Mungkin sulit dan menantang untuk membicarakan masalah seksual yang sensitif, tetapi itu kunci dalam menangani bagaimana endometriosis dapat mengganggu keintiman normal," katanya.

Klik baca halaman berikutnya yuk, Bunda.

Bunda, simak juga video kiat edukasi seks sejak usia dini berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]



JAGA PENETRASI TETAP DANGKAL HINGGA JADWALKAN SEKS
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!