sign up SIGN UP search


moms-life

5 Rekomendasi Posisi Seks Setelah Melahirkan, Bunda Wajib Tahu!

Kinan Jumat, 14 May 2021 22:00 WIB
Couple relaxing on the sofa. They are cuddling and cozy in a luxury home. Both are casually dressed. They are very happy and smiling caption

Setelah melahirkan, kembali pada aktivitas seksual kerap menjadi momen yang menakutkan bagi para bunda. Terutama takut akan rasa nyeri. Adakah rekomendasi posisi seks setelah melahirkan yang bisa diterapkan?

Dikutip dari Women's Health Mag, kehidupan seorang wanita akan berubah setelah memiliki anak, termasuk dalam urusan seks.

Untuk wanita yang menjalani persalinan normal tanpa komplikasi, biasanya membutuhkan waktu sekitar enam pekan untuk pulih. “Ada peregangan jaringan di vagina, tetapi biasanya itu bisa cepat kembali normal,” ungkap pakar kesehatan kandungan Female Sexual Medicine Program, Stanford University, Dr Leah Millheiser.


Hal serupa disampaikan oleh profesor klinis kebidanan dan kandungan, Dr. Mary Jane Minkin. Menurutnya, fase pemulihan tubuh masih akan beradaptasi.

Banner Pria Sopir di ArabBanner Pria Sopir di Arab/ Foto: HaiBunda

Selain itu, banyak bunda menyusui yang mengalami masalah vagina kering, yang memicu nyeri saat hubungan seks. "Menyusui menyebabkan penurunan estrogen, yang jelas memengaruhi kondisi vagina," imbuh Minkin.

Setelah lebih dari enam pekan, hubungan seks bisa mulai dilakukan kembali, tentunya dengan berbagai proses adaptasi. Sesuaikan posisi seks setelah melahirkan dengan kondisi tubuh dan kenyamanan Bunda.

Menurut pakar kesehatan seks sekaligus penulis Married Sex Solution: A Realistic Guide to Saving Your Sex Life, Dr. Kat Van Kirk, jika sudah nyaman maka seks setelah melahirkan bisa lebih minim nyeri.

Pilihan posisi seks setelah melahirkan

Menyesuaikan posisi seks setelah melahirkan menjadi cara ampun agar tetap nyaman. Pilihlah posisi seks yang penetrasinya tidak terlalu dalam agar tak nyeri. Berikut rekomendasinya, Bunda:

1. Posisi reverse cowgirl

Posisi seks ini sebenarnya mirip dengan woman on top, tetapi ada sedikit variasi. Jika pada posisi woman on top Bunda berhadapan dengan suami, maka pada posisi reverse cowgirl justru sebaliknya.

Saat berada di atas, posisi Bunda seperti duduk membelakangi suami. "Reverse cowgirl bisa menjadi posisi yang pas agar kedalaman dan tempo penetrasi dapat diatur sendiri," ujar Van Kirk.

Apa lagi ya posisi seks setelah melahirkan yang bisa dicoba? Yuk intip di halaman selanjutnya, Bunda!

POSISI SEKS LAIN YANG COCOK UNTUK BUNDA YANG BARU MELAHIRKAN
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!