sign up SIGN UP search


moms-life

5 Cara Menghemat Listrik di Rumah Agar Bayar Tagihan Murah

Arina Yulistara Rabu, 02 Jun 2021 18:25 WIB
Digitally generated warm and cozy affordable Scandinavian style home interior (living room) design.

The scene was rendered with photorealistic shaders and lighting in Autodesk® 3ds Max 2020 with V-Ray Next with some post-production added. caption

Tagihan listrik yang terlalu besar seringkali jadi sumber masalah keuangan keluarga, apalagi jika hal tersebut terjadi tanpa sadar. Untuk itu, Bunda perlu tahu cara menghemat listrik di rumah agar tagihan tidak terus membengkak. 

Kondisi work from home dan anak-anak yang sekolah di rumah juga menjadi salah satu faktor tagihan listrik membengkak. Sebab, tentu saja karena semakin banyak orang beraktivitas di rumah, semakin banyak pula penggunaan perangkat listrik.

Meskipun Bunda tidak keberatan membayarnya, tapi tidak ada salahnya jika sedikit dihemat, Bunda. Yuk, simak cara menghemat listri di bawah ini. Melansir dari wales online.


1. Mandi maksimal 5 menit

Jika Bunda menggunakan pemanas air dengan daya listrik, cara ini wajib Bunda terapkan. Coba batasi penggunaannya dengan tidak selalu mandi menggunakan air panas.

Batasi juga durasi mandi agar lebih singkat. Jika dilakukan dengan konsisten dalam waktu yang cukup panjang, pasti akan terlihat penghematannya, Bunda. 

2. Rebus air yang hanya dibutuhkan

Ingin membuat secangkir teh? Ingat hanya merebus air yang dibutuhkan saja ya, Bunda. Jangan membuang-buang air dengan merebusnya dalam jumlah banyak. Percayalah, hemat air juga bisa hemat energi dan pengeluaran rumah tangga. 

Sebagai opsi, mungkin Bunda bisa menggunakan termos tradisional untuk menyimpan air panas. Jadi, merebus air hanya cukup sekali untuk penggunaan beberapa waktu ke depan. Listrik lebih hemat, praktis pun!

3. Ganti bohlam lampu

Ganti bohlam lampu dalam rumah dengan model terbaru yang lebih hemat energi. Bohlam lampu dengan jenis CFL atau LED menggunakan daya 25% sampai 80% lebih hemat energi dibanding yang biasa. 

Penggunaan bohlam LED juga akan lebih awet dan tahan lama dibanding lampu biasa. Selain hemat energi dan listrik, tentu tak boros untuk membeli lampu dalam beberapa bulan ke depan.

Klik halaman berikutnya ya, Bunda.

Simak juga pertolongan pertama saat terkena sengatan listrik dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



BUKA GORDEN DAN BATASI WAKTU CHARGER PONSEL
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!