sign up SIGN UP search


moms-life

3 Langkah Mudah Membuat Kunyit Bubuk Sendiri di Rumah

Mutiara Putri Selasa, 08 Jun 2021 16:06 WIB
Curcuma longa, powder and rhizomes - complementary medicine caption
Jakarta -

Bunda mungkin sering menggunakan kunyit saat memasak, ya? Itu adalah ide bagus, Bunda. Bukan tanpa alasan, kunyit ternyata bisa memberikan banyak manfaat untuk kesehatan, lho.

Selain memberikan banyak manfaat bagi kesehatan, kunyit juga bisa dijadikan sebagai pewarna alami, nih. Sebab, kunyit bisa menghasilkan warna kuning, Bunda.

Untuk Bunda rutin mengonsumsi kunyit setiap harinya, energi Bunda bisa meningkat, lho. Namun, kalau setiap hari harus mengupas kunyit, tangan Bunda bisa jadi ikut berubah warna jadi kuning menuju oranye, nih.


Kalau Bunda tidak ingin memiliki tangan yang kuning, Bunda bisa gunakan kunyit bubuk untuk dipakai sebagai bahan masakan, nih. Kunyit bubuk juga sudah banyak dijual di pasaran, Bunda.

Namun, daripada membeli kunyit bubuk di pasar atau swalayan, lebih baik membuat kunyit bubuk sendiri di rumah, Bunda. Dijamin deh bubuk yang dihasilkan jadi lebih sehat dan pastinya higienis.

Bubuk kunyit yang dibuat sendiri di rumah bisa disimpan hingga satu tahun lho, Bunda. Selain itu, warna yang dihasilkan juga jauh lebih hidup dan rasanya jauh lebih unggul daripada yang dijual di toko-toko.

Bunda penasaran dan ingin coba membuat kunyit bubuk sendiri di rumah, ada cara mudahnya nih, Bunda. Dikutip dari laman Alpha Foodie, berikut ini adalah tips dan cara membuat kunyit bubuk.

1. Bersihkan dan kupas akar kunyit

Siapkan setidaknya 400 gram kunyit untuk menghasilkan sekitar 50 gram kunyit bubuk, Bunda. Kemudian, mulailah membersihkan kunyit dan mengupasnya. Saat membersihkan kunyit, ada baiknya Bunda mengenakan sarung tangan karena warna kunyit akan mudah menempel pada kulit,

Setelah kunyit dikupas, selanjutnya potong kunyit menjadi irisan tipis-tipis. Bunda juga bisa gunakan irisan sayur untuk mengirisnya. Semakin tipis irisan kunyit maka semakin bagus, Bunda.

Susun irisan di atas loyang akan sebelumnya sudah dialasi dengan kertas roti. Pastikan Bunda tidak menyusun irisan kunyit saling timpang tindih, ya.

Klik baca halaman berikutnya, Bunda.

Bunda, simak juga video cara hasilkan uang dari tanaman hias berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]



PANGGANG DALAM OVEN DAN GILING KUNYIT
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi