sign up SIGN UP search


moms-life

Tips Masak Rendang Lebaran Empuk tapi Praktis, Cuma 20 Menit!

Arina Yulistara Rabu, 12 May 2021 12:33 WIB
Tidak ingin masak rendang terlalu lama? Simak saran dari para chef populer Indonesia mengenai cara masak rendang yang empuk dan cepat. caption

Rendang menjadi salah satu santapan istimewa yang hampir dipastikan ada saat Lebaran. Apa Bunda termasuk salah satu keluarga yang selalu menghadirkan sajian rendang saat Hari Raya?

Jika iya, mungkin sering merasa kalau masak rendang membutuhkan waktu lama hingga lebih dari dua jam. Ini demi membuat daging tetap empuk dan bumbu menyerap sempurna. 

Sebenarnya, ada teknik yang bisa Bunda gunakan untuk memasak rendang agar tidak keras. Beberapa orang menggunakan teknik merebus daging 5-30-7, yakni rebus 5 menit, diamkan 30 menit, dan rebus kembali 7 menit, baru angkat. 


Meski metode tersebut membuat daging cepat empuk namun sebagian merasa bumbu rendang menjadi kurang meresap sempurna. Ada pula teknik 30-30-30-30, masak daging rendang selama 30 menit, diamkan 30 menit, masak lagi 30 menit, dan diamkan lagi 30 menit.

Banner Muslimahpedia untuk Artikel

 

William Gozali atau biasa disapa chef Willgoz memberikan sedikit tips masak daging rendang agar bisa lebih praktis namun tetap empuk. Selain itu, chef Rudy Choirudin, melalui akun YouTube Galeri Rasa Channel, memberikan resep masak rendang yang empuk pakai teknik 20 menit.

Yuk simak cara masak rendang yang empuk hanya dalam 20 menit. Kuncinya ada di baking soda, Bunda.

Rendam Daging Dalam Air Baking Soda

Apa kegunaan baking soda? Mungkin cara ini tak terpikirkan oleh Bunda sebelum masak rendang buat Lebaran. Gunakan baking soda untuk merendam daging supaya lebih empuk.

Willgoz mengatakan bahwa baking soda bisa membuat daging rendang mudah empuk. Ambil satu sendok makan baking soda dan tuangkan ke dalam air putih. 

Kemudian rendam semua daging rendang ke dalamnya. Gunakan wadah tertutup lalu masukkan ke dalam kulkas. Diamkan selama minimal 3 jam, mungkin semalaman akan lebih baik, Bunda.

“Baking soda kita gunakan untuk menghancurkan semua serat-serat si sapi. Ini menggunakan daging sapi top side atau biasa digunakan untuk bikin rendang, biasanya bakal alot banget dan membutuhkan waktu lama untuk masak hingga enak.,” papar Willgoz, lewat akun YouTube resminya, Willgoz Kitchen.

Lanjut baca tips selanjutnya di halaman berikut, Bunda!

Simak video di bawah untuk inspirasi rendang dengan variasi lain ya, Bunda:

[Gambas:Video Haibunda]

IRIS DAGING DENGAN TEPAT
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi