sign up SIGN UP search


moms-life

3 Langkah Mudah Membuat Kunyit Bubuk Sendiri di Rumah

Mutiara Putri Selasa, 08 Jun 2021 16:06 WIB
PANGGANG DALAM OVEN DAN GILING KUNYIT
turmeric powder in wood spoon on black table, spices and herb concept caption

2. Panggang dalam oven

Setelah irisan kunyit tersusun rapi di atas loyang, langkah selanjutnya adalah masukkan loyang ke dalam oven, Bunda. Panggang dengan suhu 100 derajat Celsius selama kurang lebih dua jam lamanya.

Periksa kekeringannya dalam waktu sekitar 1,5 jam, Bunda. Kunyit yang memiliki ketebalan dan kadar air lebih banyak tentu membutuhkan waktu yang sedikit lebih lama dari kunyit yang irisannya lebih tipis.

Bunda juga bisa keringkan kunyit dengan dehidrator selama 4 sampai 5 jam dengan suhu sekitar 40 derajat Celsius, Bunda. Kalau ingin cara yang lebih alami, Bunda juga bisa keringkan di tempat berventilasi baik, namun waktu yang dibutuhkan jauh lebih lama yakni sekitar 14 hari tergantung kelembapan daerah rumah Bunda.


3. Giling kunyit

Setelah selesai memanggang dan mengeringkan kunyit, selanjutnya masukkan irisan kunyit ke dalam food processor atau penggiling, Bunda. Pastikan irisan kunyit sudah garing sebelum digiling, ya.

Setelah kunyit menjadi bubuk, ayak bubuk dan pisahkan bagian yang masih belum halus. Simpan dalam wadah kaca kedap udara di tempat yang kering dan gelap, Bunda. Kunyit bubuk yang dikeringkan dengan benar bisa disimpan dan digunakan selama satu tahun lamanya.

(mua/som)
HALAMAN :
ARTIKEL SELANJUTNYA
Share yuk, Bun!

Rekomendasi