sign up SIGN UP search


moms-life

Cerita Istri Saat Izin Kuliah S3 di Madinah, Reaksi Syekh Ali Jaber Tak Terduga

Muhayati Faridatun Rabu, 09 Jun 2021 19:53 WIB
Deva Rachman, istri Syekh Ali Jaber caption
Jakarta -

Istri almarhum Syekh Ali Jaber, Deva Rachman, merupakan seorang wanita karier. Untuk Bunda ketahui, saat ini, ia menjabat sebagai senior advisor di salah satu kantor kebijakan publik.

Meski sebagai istri ulama, Deva rupanya tetap diizinkan Syekh Ali Jaber untuk meneruskan kariernya. Menurut wanita kelahiran 1976 ini, sang suami justru tidak membatasi dirinya menempuh pendidikan lebih tinggi.

"Syekh Ali memang menemukan saya sudah dalam keadaan berkarier, Beliau tidak (mengatakan) 'Kamu di rumah aja, nggak usah bekerja'," kenang Deva Rachman, saat Intimate Interview HaiBunda via Zoom belum lama ini.


Ya, Syekh Ali Jaber dan Deva Rachman memang belum lama menikah. Selama kurang lebih tiga tahun berumah tangga, Deva tetap meneruskan karier yang sebelumnya ia tekuni. Putri bungsu tokoh pendidikan nasional, Prof. Arief Rachman, ini menduduki jabatan penting, Bunda.

Tentu ini sangat berbeda dengan istri ulama pada umumnya, yakni sebagai ibu rumah tangga. Deva lalu mengatakan, keputusan wanita tetap berkarier setelah menikah tak lepas dari kesepakatan dengan suami.

"Menurut saya dan Syekh Ali Rahimahullah, tergantung kesepakatan antara suami dan istri, dan melihat logika kebutuhannya seperti apa," tuturnya.

Deva pun bercerita, Syekh Ali Jaber tak hanya mengizinkan dirinya tetap berkarier, Bunda. Ulama kelahiran Madinah, Arab Saudi, itu bahkan mendukung sang istri melanjutkan kuliah S3 untuk mengambil gelar doktor.

Kala itu, Deva mengaku tak menyangka. Ia kemudian mengutarakan keinginan untuk kuliah S3 di kampung halaman sang suami. Bagaimana reaksi Syekh Ali Jaber ketika itu?

Bunda simak yuk cerita Deva Rachman selengkapnya, dalam video Intimate Interview di bawah ini.

[Gambas:Video Haibunda]

(muf/muf)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi