sign up SIGN UP search


moms-life

Bule Ateis Mualaf Usai Nikahi Pria Cimahi, Bingung Diminta Pakai Kerudung

Asri Ediyati Jumat, 11 Jun 2021 19:35 WIB
Setengah Bule caption
Jakarta -

Soal agama, kita tahu hal tersebut biasa dibicarakan di Indonesia, tapi tidak untuk orang-orang asing. Sebagian besar yang tinggal di luar Indonesia menganggap agama adalah ranah privasi.

Seperti bule cantik Spanyol bernama Clara. Bule mualaf ini mengaku kaget saat tinggal di Indonesia usai menikah dengan pria asal Cimahi. Dalam vlog-nya, Clara menegaskan bahwa ia tak ingin menampilkan agamanya, termasuk ibadah di hadapan publik.

"Jadi, bukan saya enggak mau (salat), tapi yang enggak saya mau itu dilihat publik karena agama dan ibadah itu seharusnya sesuatu yang private," ucapnya, dikutip dari kanal YouTube Setengah Bule.


Clara cukup kaget dengan perilaku netizen Indonesia terhadap status mualaf dan agama yang dianut. Yang bikin Clara bingung dan kaget, netizen seperti banyak yang memaksanya untuk terlihat mengenakan kerudung.

Banner Felicia Putri Gaji Rp400 Juta

"Dan saya lumayan shock dan surprise, banyak orang, banyak komen, minta terus Clara harusnya seperti ini harusnya coba pakai kerudung," ucap Clara.

"Maksudnya saya mengerti teman-teman di negara Indonesia sudah terbiasa, tapi untuk satu orang yang masih belajar, menurut saya agama itu sesuatu yang private."

Di satu sisi, ia sangat paham bahwa warga Indonesia sangat penasaran padanya. Terlebih, ia dianggap sebagai 'bule' karena menikah dengan warga lokal.

"Saya ngerti saya bule, jadi orang penasaran," jawab Clara.

Clara kemudian mengungkap bahwa di Eropa, hal seperti agama enggak dipertanyakan. Begitu pula dengan hubungan asmara, ibadah, semua dianggap pribadi. Tak pantas jika seseorang menanyakan hal pribadi sekalipun pada orang yang dikenal.

"Di sini orang urus diri sendiri, enggak lihat orang ngapain, ibadah. Jadi untuk topik seperti itu, itu relationship, ibadah saya sama Allah, itu pribadi," ucapnya,

"Semoga kalian mengerti, semua orang punya privasi untuk pemikiran, kepercayaan, dan seharusnya setiap orang punya special relationship itu (dengan Tuhan)."

Sang suami pun memberi tanggapan bijak pada apa yang terjadi pada istri bule Spanyol dengan netizen. Baca kelanjutannya di halaman berikut.

Bunda, simak juga cerita Nadia Vega tentang suami bule yang jadi mualaf sebelum menikah, dalam video Intimate Interview di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]

TANGGAPAN PRIA CIMAHI YANG NIKAHI BULE ATEIS MUALAF
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi