sign up SIGN UP search


moms-life

Apakah COVID-19 Menular secara Seksual? Ini Jawabannya, Bunda!

Kinan Selasa, 06 Jul 2021 21:45 WIB
closeup of a pair of surgical masks on a bed set with white bedsheets, where two people are gripping their hands in the background caption

JAKARTA - Selama pandemi COVID-19, menjaga jarak menjadi salah satu protokol kesehatan yang harus diterapkan. Lantas apakah ini berarti COVID-19 termasuk berpotensi menular melalui aktivitas seks? Faktanya COVID-19 bisa ditularkan jika memiliki kontak fisik yang dekat dengan pengidap COVID-19.

Virus corona diketahui dapat menular melalui droplets, namun sebuah studi menuturkan bahwa virus corona juga terdeteksi dalam air mani. Ya, tim peneliti dari Tiongkok melaporkan hasil penelitian ini di JAMA Open Network,  seperti dilansir Health.

Dalam studi ini, dilibatkan sebanyak 38 pria di Shangqiu Municipal Hospital dengan kasus terkonfirmasi COVID-19. Karena ukuran sampel penelitian yang kecil dan tindak lanjut yang singkat, sulit untuk menarik kesimpulan apa pun.


Para peneliti mengatakan masih dibutuhkan lebih banyak penelitian lanjutan untuk memahami apakah virus corona dapat bereplikasi dalam sistem reproduksi pria. Selain itu, perlu dicari tahu juga berapa lama virus dapat bertahan hidup dalam air mani.

Banner tips isolasi mandiri keluargaBanner tips isolasi mandiri keluarga/ Foto: HaiBunda/ Mia Kurnia Sari

Bisakah COVID-19 menular dari aktivitas seks?

“Apa yang kita ketahui sejauh ini adalah bahwa COVID-19 ada dalam sekresi pernapasan,” kata Kristin Englund, MD, dari departemen penyakit menular di Cleveland Clinic.

Sekresi pernapasan termasuk tetesan (droplets) yang keluar dari mulut seseorang saat batuk atau bersin. Karena sekresi dari orang yang terinfeksi ini dapat membawa virus, beberapa negara (seperti Prancis) bahkan melarang warganya untuk saling menyapa dengan ciuman pipi, seperti dilansir The Washington Post.

Selain itu, COVID-19 juga menyebar melalui kontak langsung dengan air liur (spit) atau lendir. Jadi aktivitas seks dilakukan dengan melibatkan kedekatan fisik, seperti berciuman sehingga dapat dengan mudah menularkan COVID-19.

Dilansir Planned Parenthood, COVID-19 juga disebut dapat menyebar melalui feses. Jadi, ada penularan COVID-19 dari aktivitas seksual yang melibatkan area anus. 

Simak informasi lengkap tentang aktivitas seks dan risiko penularan virus corona di halaman selanjutnya!

Simak juga video pemulihan COVID-19 di bawah ini ya Bunda. 

[Gambas:Video Haibunda]



KAITAN ANTARA COVID-19 DAN AKTIVITAS SEKS
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!