sign up SIGN UP search


moms-life

4 Resep Smoothie, Pilihan Buat Si Kecil yang Enggak Suka Makan Buah

Melly Febrida Rabu, 14 Jul 2021 07:04 WIB
Toddler enjoying Fruit Shake Smoothie caption

Jakarta - Anak-anak susah makan buah-buahan, Bunda? Smoothie bisa jadi alternatif untuk memperkenalkan buah yang kaya rasa. Apalagi kalau bentuknya lembut kayak es krim, emm.. pasti akan menggoda selera si Kecil ya.

Tapi jangan lupa smoothie buatan sendiri cenderung cepat berubah warna dan rasa, jadi yang terbaik adalah meminumnya langsung.

Saat membuat smoothie, beberapa buah seperti melon, mangga, dan pisang, bisa terasa terlalu manis. Bunda bisa pertimbangkan untuk menambahkan sedikit jus lemon untuk meningkatkan rasa buahnya.  

Bunda juga bisa menambahkan bubuk cokelat supaya lebih menarik untuk anak-anak. Atau, tambahan sedikit  goji berry akan membuat rasanya lebih bervariasi. Manfaat lainnya, buah ini mengandung vitamin C 500 kali lebih banyak daripada jeruk lho.

Eliq Maranik, dalam bukunya berjudul Smoothies For Kids berbagi trik dan tips membuat smoothie sesuai selera. Apabila Bunda ingin smoothie yang encer, tambahkan sedikit air, susu, atau jus.  Tapi, kalau Bunda ingin rasa buahnya lebih dominan lebih baik menambahkan air saja.

Bagaimana jika ingin smoothie yang kental? Kalau Bunda merasa ternyata smoothie yang Bunda buat terlalu encer, coba tambahkan beberapa Greek Vogurt, pisang, alpukat, atau mangga.  

“Anda akan mendapatkan konsistensi yang lebih creamy jika Anda menggunakan es krim atau krim.  Atau, coba tambahkan muesli, kacang, atau makanan enak dan lezat lainnya yang cocok untuk Anda,” kata Maranik. 

Selai kacang tawar paling baik untuk smoothie, Bunda. Jangan sampai salah, bukan selai kacang yang mengandung gula ya.

Saat menyajikan smoothie ini, beberapa anak-anak tidak mau kalau masih terlihat butiran-butiran buahnya. Jadi maunya halus lembut.

Beberapa buah seperti apel, pir, dan nanas, memang sangat tinggi serat. Ini berarti  Bunda membuat smoothie bertekstur kasar dan sulit diminum.  

“Anda dapat menekan smoothie seperti itu melalui saringan halus sebelum disajikan,” jelasnya.  

Nah, kalau Bunda ingin membuat smoothie yang dingin, bisa saja menambahkan es batu. Namun itu akan membuat buah dalam smoothie kurang terasa dan lebih berair. Karena itu gunakan buah-buahan yang dingin saja sehingga mempertahankan rasa buahnya.

“Sajikan segera Untuk mendapatkan vitamin, rasa, dan warna yang lengkap, dan untuk konsistensi terbaik, Anda harus menyajikan smoothie dan jus segar sesegera mungkin setelah disiapkan.


Resep smoothie di bawah ini bisa Bunda coba di rumah:

1. Smoothie Cokelat kacang 

Bahan:

  • 2 pisang 

  • 3 sdm selai kacang tawar (peanut butter)

  • 2 sdm bubuk cokelat 

  • 400 ml air

  • Kacang tanah untuk hiasan (opsional)

Cara membuat:

  1. Kupas pisang dan potong-potong, lalu bekukan selama beberapa jam.  Pisang beku akan membuat smoothie seperti es krim, jadi tidak perlu menggunakan es batu.
  2. Masukkan semua bahan ke dalam blender dan haluskan hingga konsistensinya seperti es krim.
  3. Sajikan dalam gelas cantik dan hiasi dengan kacang yang dihancurkan.

Simak resep selanjutnya di halaman berikut!

Intip juga cara membuat smoothie yang kaya serat dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]



3 RESEP SMOOTHIE BUAH
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!