sign up SIGN UP search


menyusui

Manfaat Ibu Menyusui Makan Pepaya Mentah, Benarkah Bisa Jadi ASI Booster?

Annisa Karnesyia Minggu, 13 Jun 2021 14:55 WIB
Pepaya hijau caption
Jakarta -

Suplai ASI bisa berkurang bila tidak menjaga pola makan dengan benar lho. Selain makan sayur, Bunda juga perlu mengonsumsi buah-buahan yang tepat saat menyusui ya.

Mengonsumsi buah selama menyusui tidak dilarang. Meski begitu, Bunda perlu bijak memilih buah yang dapat bermanfaat untuk produksi ASI kita.

Buah pepaya dapat menjadi pilihan tepat bagi Bunda yang lagi cari ASI booster. Buah ini dipercaya bisa meningkatkan produksi ASI. Namun, tak semua jenis buah pepaya bisa memberikan manfaat serupa.


Bunda bisa mencoba pepaya hijau atau mentah untuk dimakan selama menyusui. Pepaya mentah telah dikenal tinggi nutrisi dan memiliki segudang manfaat untuk kesehatan.

Menurut praktisi kesehatan dan ahli gizi, Shilpa Arora ND, pepaya mentah merupakan sumber enzim yang bisa memecah lemak dan karbohidrat. Kandungan enzim di buah ini bahkan lebih banyak dibandingkan ketika buah sudah matang.

"Pepaya hijau memiliki lebih banyak enzim aktif daripada yang matang. Kedua enzim yang terkandung adalah chymopapain dan papain. Keduanya dapat membatu memecah lemak protein dan karbohidrat," kata Arora, dilansir NDTV.

Selain itu, buah ini mengandung vitamin A, C, E, K, asam folat, serta mineral, seperti magnesium, potasium, dan kalsium. Kandungan dalam pepaya mentah juga bisa meningkatkan hormon oksitosin, yang mengatur produksi ASI.

Mengutip Mom Juction, asupan pepaya mentah atau hijau dapat meningkatkan produksi hormon oksitosin dalam tubuh, sehingga meningkatkan aliran ASI. Pepaya mentah dapat diolah dan ditambahkan ke menu makan setelah melahirkan.

Bunda enggak perlu takut gemuk saat makan buah pepaya mentah ini ya. Buah ini rendah kalori dan tidak mengandung kolesterol. Makan buah pepaya bisa membuat Bunda kenyang dan membantu menurunkan berat badan setelah melahirkan.

Makan pepaya mentah secara langsung akan terasa hambar. Simak cara mengolah buah ini menjadi makanan di halaman berikutnya ya.

Simak juga tips memperbanyak ASI saat menstruasi, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

TIPS MENGOLAH PEPAYA MENTAH UNTUK MAKAN BUNDA MENYUSUI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!