sign up SIGN UP search


moms-life

PPKM Bikin Bunda Ingin Berkebun? Ini 5 Tips Menanam Tanaman Hias untuk Pemula

Arina Yulistara Senin, 12 Jul 2021 04:00 WIB
Bagi pemula, mungkin Bunda bingung mulai menanam tanaman hias agar tak bosan selama PPKM. Yuk simak cara menanam tanaman hias untuk pemula. caption

Penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) sampai 20 Juli nanti mengingatkan kita pada masa awal pandemi, di mana banyak orang yang jadi hobi mengoleksi tanaman hias sebagai 'obat suntuk' kala terjebak berkegiatan di rumah saja.

Selama masa karantina, berkebun menjadi salah satu opsi akitivitas yang menarik, Bunda. Bahkan beberapa orang yang telah mengoleksi tanaman hias dan sempat bosan kini jadi bersemangat lagi merawatnya. Namun, ada juga Bunda yang baru ingin mencoba.

Bagi pemula, mungkin Bunda bingung harus mulai dari mana. Untuk itu, HaiBunda berbagi tips menanam tanaman hias untuk pemula, cocok buat Bunda yang baru mulai berkebun saat PPKM. 


Yuk simak cara menanam tanaman hias untuk pemula. Dimulai dengan langkah yang mudah dulu agar Bunda semangat menjalankannya. 

1. Mulai dari Tanaman Hias Berukuran Kecil

Cara mudah mulai menanam tanaman hias saat PPKM, membeli ukuran kecil terlebih dahulu. Maryah Greene, ahli botani yang dikenal sebagai ‘dokter tanaman’ menyarankan untuk mulai membeli yang berukuran kecil dengan harga yang termurah.

“Mulailah dengan harga terjangkau, karena ini tanaman dan itu akan tumbuh. Ingatlah, banyak tanaman hias bukan berarti lebih banyak kepuasan. Penting mengetahui bahwa ini semua tentang kualitas perawatan bukan kuantitas tanaman,” ujar Greene seperti dilansir dari Vogue.

2. Beli Tanaman yang Sudah di Pot

Cara mudah menanam tanaman hias untuk pemula jika tak ingin repot maka bisa membeli tanaman yang sudah berada dalam pot. Jadi, Bunda hanya perlu merawatnya dengan memberikan sinar matahari dan air.

Meski demikian, tidak semuanya bisa dilakukan dengan sangat mudah. Perhatikan jenis tanamannya untuk mengetahui perawatan terbaik agar bisa tumbuh subur. 

“Setiap tanaman hias bervariasi, ada beberapa yang perlu direpoting untuk menyegarkan tanah, namun sejumlah tanaman hias bisa bertahan hanya dengan pupuk,” papar Emily L. Hay Hinsdale, penulis buku Never Put a Cactus in the Bathroom dilansir dari Bloomberg.

3. Jangan Menyiram Air Terlalu Banyak

Salah satu kesalahan pemula saat mulai berkebun adalah terlalu banyak menyiram air. Antusias saat punya hobi baru kemudian terlalu sering menyiram tanaman hias Bunda maka bukan membuatnya subur malah bisa mati.

“Coba berlatih menahan diri. Aturan praktis yang baik jangan pernah menyiram tanaman hias yang sudah basah. Antusiasme merawat tanaman baru bisa dimaklumi tapi jangan sampai mengganggu prosesnya karena bosan,” saran influencer tanaman Nick Cutsumpas.

Biarkan tanaman hias melakukan tugasnya sendiri. Jangan terlalu memikirkannya dan malah bertindak berlebihan. 

 

PAHAMI CARA MERAWAT TANAMAN HIAS SESUAI JENISNYA
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!