sign up SIGN UP search


moms-life

PPKM Bikin Bunda Ingin Berkebun? Ini 5 Tips Menanam Tanaman Hias untuk Pemula

Arina Yulistara Senin, 12 Jul 2021 04:00 WIB
PAHAMI CARA MERAWAT TANAMAN HIAS SESUAI JENISNYA
Bagi pemula, mungkin Bunda bingung mulai menanam tanaman hias agar tak bosan selama PPKM. Yuk simak cara menanam tanaman hias untuk pemula. caption

4. Pahami Cara Merawat Tanaman Hias yang Dipilih

Setiap tanaman hias memiliki aturan perawatan yang berbeda-beda. Untuk itu, Bunda harus paham cara merawat tanaman hias yang dipilih. 

Bunda juga harus memahami bagaimana lingkungan tempat tinggal Bunda. Hindari memilih tanaman hias yang tidak cocok dengan lingkungan sekitar Bunda karena akan berakhir mati, terutama jika tinggal di apartemen.

Cari tahu bagaimana tanaman hias yang dipilih bisa hidup dan tumbuh subur. Apakah perlu cahaya rendah, sedang, atau terang? 


Cahaya rendah berarti mendapatkan sinar matahari kurang dari empat jam. Kalau cahaya sedang butuh sinar matahari empat hingga enam jam. Dan cahaya terang biasanya lebih dari enam jam.

Misalnya saja memilih pothos yang sangat populer. Perhatikan bentuk daunnya, jika pucat maka terlalu banyak sinar matahari. Kalau tidak ada variasi daun berarti tak cukup mendapatkan sinar matahari. 

Jika Bunda tidak yakin maka bisa lakukan pencarian di internet. Jangan malas riset dan mencari tahu lebih lanjut ya, Bunda.

5. Banyak Tanaman Hias Tak Suka Musim Hujan

Satu hal lagi yang perlu dipahami saat baru mulai menanam tanaman hias untuk pemula adalah banyak tanaman hias tak suka musim hujan. Artinya, beberapa tanaman hias tidak bisa hidup jika terlalu sering kena air.

Sebelum meletakkan tanaman hias di luar ruangan atau depan rumah maka perlu memperhatikan jenisnya. Pilih tanaman hias yang tahan panas dan hujan jika ingin di letakkan di luar ruangan. 

6. Jangan Mengharapkan Kepuasan Instan

Tidak ada hal yang instan di dunia ini, termasuk dalam menanam tanaman hias. Mungkin Bunda sudah merasa sering menyirami air dan pupuk serta memberikan perawatan yang baik namun belum juga tumbuh subur. 

Semua butuh proses, Bunda. Semua orang suka melihat hasil tapi pertumbuhan tanaman hias itu tidak bisa diburu-buru.

“Ini hubungan timbal-balik jangka panjang. Tak ada pengalaman maka tidak bisa langsung share yang cantik di Instagram. Harus sabar!” kata Greenie mengingatkan. 

(fia/fia)
HALAMAN :
ARTIKEL SELANJUTNYA
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!