sign up SIGN UP search


moms-life

6 Ciri Tanaman Hias Tidak Sehat tapi Tampak Subur, Bunda Wajib Paham

Arina Yulistara Selasa, 20 Jul 2021 04:00 WIB
Bagi Bunda yang punya tanaman hias di rumah, yuk kenali ciri-ciri tanaman hias tidak sehat tapi tampak subur. Pahami perbedaannya mulai sekarang ya, Bun. Ciri tanaman hias tidak sehat dan solusi tanaman hias layu/iStock

Merawat tanaman hias memang tidak selalu mudah. Ada tanaman hias yang tahan panas dan hujan sehingga meski tak diperhatikan tetap tumbuh subur. Ada pula tanaman hias yang jika terlalu banyak terkena sinar matahari menjadi layu atau tidak bagus perkembangannya.

Untuk itu, Bunda harus paham cara merawat tanaman hias sesuai jenisnya. Beberapa tanaman hias butuh cahaya rendah bahkan menginginkan udara lembap sehingga akan mati jika terkena sinar matahari langsung.

Sementara itu, sebagian tidak menunjukkan tanda-tanda layu tapi sebenarnya kondisi tanaman hias Bunda kurang sehat sehingga mereka tidak tumbuh maksimal.


Bagi Bunda yang punya tanaman hias di rumah, yuk kenali ciri-ciri tanaman hias tidak sehat tapi tampak subur seperti dilansir dari Real Simple. Pahami perbedaannya mulai sekarang ya, Bun.

1. Tinggi Kurus

Salah satu ciri tanaman hias yang tidak sehat tapi tumbuh subur terlihat semakin tinggi dengan batang kurus. Bagi pemula mungkin sering merasa kalau tanaman hias tumbuh subur karena tingginya semakin meningkat. Namun ternyata tidak, Bun.

Kondisi tanaman yang tinggi dan kurus merupakan salah satu ciri tanaman hias tidak sehat. Ini bisa berpotensi menyebabkan batangnya patah dan jatuh ke tanah. 

Solusi: tanaman hias yang tumbuh tinggi dan kurus mungkin perlu diberi banyak sinar matahari. Tanaman yang cenderung kurus membutuhkan nutrisi tambahkan sehingga mereka bertambah tinggi untuk menggapai sinar matahari.

Jika hal tersebut tidak berhasil maka Bunda bisa memberikan pupuk yang kaya nutrisi secara teratur.

2. Sedikit Bunga

Bunda mungkin punya tanaman hias berbunga yang nantinya bisa semakin banyak seiring berjalannya waktu. Namun saat sudah tumbuh, tanaman hias ini seolah tidak banyak berbunga atau tak mekar. Mungkin sudah waktunya mengevaluasi rutinitas perawatan.

Solusi: periksa apakah tanaman hias memiliki banyak daun tapi sedikit bunga? Ini bisa jadi tanda ketidakseimbangan pemberian pupuk. Mungkin pula membutuhkan lebih banyak sinar matahari jika bunga jarang mekar.

3. Perubahan Warna Daun

Apa ada perubahan pada warna daunnya, Bunda? Perubahan warna daun terutama jika menjadi kuning maka ciri tanaman hias tidak sehat. Umumnya disebabkan karena terlalu banyak air atau pembusukan di akar. 

Solusi: jadwalkan penyiraman yang konsisten agar hasil maksimal. Sesuaikan rutinitas pemberian air dengan jenis tanaman hias Bunda.

Simak tips lain di halaman selanjutnya, ya.

Cek rekomendasi tanaman hias pembersih udara di video ini, Bunda:

[Gambas:Video Haibunda]



CIRI TANAMAN HIAS TIDAK SEHAT: DAUN WARNA COKELAT
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi