sign up SIGN UP search


moms-life

6 Tanaman Hias yang Bantu Redakan Batuk hingga Masalah Pernapasan

Arina Yulistara Minggu, 18 Jul 2021 03:00 WIB
life plant or miracle leaf (Bryophyllum pinnatum). The plant is a succulent plant. Tanaman hias/ Foto: iStock

Sebagai pengalihan energi di masa pandemi sekaligus pilihan untuk mengisi waktu luang, mengoleksi tanaman hias adalah salah satu yang bisa Bunda andalkan. Sudah banyak penelitian yang menyebutkan bahwa kegiatan berkebun dapat menjadi stress release.

Selain untuk mempermanis pemandangan, beberapa tanaman hias juga punya fungsi lebih. Ada yang bisa dipakai untuk memasak, ada juga yang punya khasiat khusus untuk kesehatan. 

Untuk itu, tak ada salahnya memelihara tanaman hias tersebut yang mungkin bisa berguna ketika Bunda sakit. Bagi Bunda yang khawatir terpapar COVID-19 atau terserang batuk hingga memiliki masalah pernapasan yang tentu membuat daya tahan tubuh menurun, yuk coba rawat deretan tanaman hias berikut ini.


Sederet tanaman hias di bawah bisa membantu Bunda meredakan gejala batuk, pilek, dan masalah kesehatan lainnya. 

Banner Nafkah Mutia AyuBanner Nafkah Mutia Ayu/ Foto: HaiBunda/ Mia Kurnia Sari

1. Cocor Bebek

Tanaman hias kalanchoe pinnata atau yang lebih dikenal dengan nama cocor bebek memiliki segudang manfaat untuk kesehatan. Salah satunya tentu bisa meredakan batuk dan pilek. 

Daun cocor bebek dipercaya bisa membantu meredakan batuk, flu, hingga nyeri dada karena bersifat antibakteri, antivirus, antimikroba, serta antijamur. Bunda hanya perlu memetik daunnya kemudian menjadikannya smoothies. 

2. Kembang Sepatu

Tanaman hias lain yang bisa bantu redakan batuk adalah kembang sepatu. Tanaman hias yang berasal dari Asia Timur ini sering digunakan sebagai obat tradisional untuk menyembuhkan berbagai penyakit. 

Kembang sepatu mengandung cyanidin diglucoside, teraxeryl acetat, hingga hibisetin. Sebuah penelitian bahkan menunjukkan kalau kembang sepatu bisa membantu menurunkan tekanan darah, meredakan batuk, TBC, keputusan, radang usus hingga melancarkan haid.

3. Sirih

Tanaman sirih yang rimbun akan cantik sekali menghijaukan pekarangan rumah Bunda. Selain mengobati keputihan, sakit jantung, hingga alergi, sirih juga membantu meredakan gejala batuk. 

Daun sirih yang direndam atau direbus lalu diminum airnya dapat umum dijadikan obat batuk, Bunda. Tanaman hias ini mengandung minyak asiri seperti kadinen, kavikol, sineol, eugenol, kariofolen, karvakrol, terpinene, hingga seksuiterpen.

TANAMAN HIAS YANG BERFUNGSI SEBAGAI AIRPURIFIER ALAMI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi