sign up SIGN UP search


moms-life

6 Ciri Tanaman Hias Tidak Sehat tapi Tampak Subur, Bunda Wajib Paham

Arina Yulistara Selasa, 20 Jul 2021 04:00 WIB
CIRI TANAMAN HIAS TIDAK SEHAT: DAUN WARNA COKELAT
Bagi Bunda yang punya tanaman hias di rumah, yuk kenali ciri-ciri tanaman hias tidak sehat tapi tampak subur. Pahami perbedaannya mulai sekarang ya, Bun. caption

4. Daun Menghitam

Ketika tanaman hias menghitam pada bagian ujung atau kering di tepinya, ini ciri tanaman hias tidak sehat. Mungkin terlalu banyak terpapar sinar matahari bisa membawa dampak pada perubahan warna daun tersebut.

Solusi: pindahkan tanaman hias dari tempat yang langsung terkena sinar matahari. Jika ruangan memiliki kelembapan yang rendah maka bisa mempertimbangkan menggunakan alat pelembap udara.

5. Daun Berguguran

Saat Bunda melihat daun berguguran dari tanaman hias, mungkin sedang kurang sehat. Tanaman hias yang sebelumnya bisa tumbuh subur dan kini memiliki daun kering yang berguguran ke lantai.


Solusi: jika tanaman hias mulai kering dan daun berguguran merupakan tanda kekeringan. Bunda bisa menghidupkannya kembali dengan menambahkan air. 

Untuk menguji tanaman hias Bunda kekeringan atau tidak, coba celupkan satu hingga dua cari ke dalam tanah agar bisa merasakan tekstur tanah. Jika tanaman hias berada dalam rumah maka bisa membuat air lebih cepat menguap.

6. Daun Warna Cokelat

Seperti poin nomor empat, jika melihat daun tanaman hias Bunda berwarna kecokelatan dan rapuh mungkin menjadi tanda tanaman hias kurang sehat. Tanaman hias Bunda mungkin terlalu banyak terkena sinar matahari.

Solusi: pindahkan tanaman hias tersebut ke bawah sinar matahari langsung. Kemudian pastikan dapat cukup air. 

Kalau ruangan mempunyai kelembapan yang besar maka pertimbangkan menggunakan air purifier atau humadifier. Bunda juga bisa memilih tanaman hias pembersih udara yang mampu meningkatkan kelembapan udara.

 

(fia/fia)
HALAMAN :
ARTIKEL SELANJUTNYA
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!