sign up SIGN UP search


moms-life

7 Cara Menanam Bunga Matahari di Rumah, Tanaman Hias yang Mudah Dirawat

Juan Satya Jumat, 23 Jul 2021 04:00 WIB
MASUKKAN TANAH DAN KOMPOS KE DALAM POT HINGGA AWASI SAAT BENIH BERKECAMBAH
Bunga matahari mempunyai daya tarik tersendiri karena keindahannya. Bunda pun bisa mencoba menanam sendiri bunga matahari di rumah, simak tujuh tipsnya yuk. caption

4. Masukkan tanah dan kompos ke dalam pot

Dalam menanam bunga matahari, Bunda harus memilih tanah yang baik, ya. Bunda juga dapat menggunakan humus saat menanam tanaman hias seperti bunga matahari.

Penggunaan humus berkualitas tinggi akan mencegah Bunda untuk menambahkan pasir atau batu ke bagian wadah sebagai drainase.

Selain itu, Bunda dapat menambahkan kompos ke dalam tanah yang akan dipakai. Ini akan membuat tanah menjadi lebih kaya nutrisi untuk tanaman bunga matahari.


5. Menanam bunga matahari

Setelah Bunda memasukkan tanah ke dalam pot, Bunda perlu menggali sekitar satu inci ke dalam tanah. Bila Bunda ingin menanam lebih dari satu benih di dalam pot, Bunda perlu memberikan jarak antar benih sekitar 4 hingga 5 inci, ya.

Selain itu, Bunda perlu menghindari menabur benih terlalu dekat dengan bagian tepi pada area pot.

6. Sirami benih bunga matahari

Jangan lupa untuk selalu menyirami benih bunga matahari yang telah ditanam ya, Bunda. Kebutuhan air untuk tanaman bunga matahari dalam masa pertumbuhannya lebih banyak dibandingkan tanaman lain, lho.

Jika Bunda tidak memberikan air yang cukup selama masa pertumbuhannya, akan menyebabkan batang dari bunga matahari menjadi tipis dan lemah. Sehingga tidak akan mampu menahan kepala bunga matahari yang berat.

Selain itu, Bunda perlu memastikan bahwa tanah pada tanaman bunga matahari harus tetap lembab dan dikeringkan sepanjang waktu.

Tanda tanah yang dikeringkan dengan baik dapat ditunjukkan dari air yang mengalir cepat, Bunda. Jika saat menyiram terdapat banyak air yang menggenang di pot berarti ada masalah pada drainase.

7. Awasi saat benih berkecambah

Biji bunga matahari harus sudah mulai tumbuh menjadi bibit kecil dalam waktu 7-10 hari, ya Bunda. Bunda dapat menyiramnya secara teratur dan selalu pastikan tanahnya dalam keadaan lembab.

Bila tanaman hias bunga matahari milik Bunda berada di luar rumah, Bunda harus menutupi benih yang berkecambah dengan keranjang atau jaring untuk melindunginya dari serangan burung.

Bunda itulah tujuh cara mudah menanam bunga matahari yang bisa Bunda coba sendiri di rumah. Selamat mencoba, Bunda.

(fir/fir)
HALAMAN :
ARTIKEL SELANJUTNYA
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!