sign up SIGN UP search


moms-life

10 Penyebab Vagina Kering saat Berhubungan Seks yang Tak Disadari

Kinan Minggu, 01 Aug 2021 21:15 WIB
PENYEBAB LAINNYA VAGINA KERING, APA SAJA?
Saat berhubungan intim, vagina yang tak kering akan terhindari dari risiko iritasi. Nah, apa saja yang bisa menyebabkan kondisi ini sulit didapat? Simak yuk. caption

4. Jelang fase menopause

Saat siklus haid melambat, tepatnya pada pertengahan usia 30 hingga 40-an, ovarium akan mulai memproduksi lebih sedikit estrogen. Akibatnya, jaringan vagina menjadi lebih tipis dan kering saat berhubungan seks.

5. Minum pil KB tertentu

"Estrogen adalah hormon yang berpengaruh pada proses pelumasan vagina, jadi ada kemungkinan pil KB dosis rendah bisa mempengaruhi proses ini," ungkap Minkin.

Respons ini bisa berbeda-beda pada tiap wanita, alias tak bisa disamaratakan. Jika Bunda mengalami masalah vagina kering setelah mengonsumsi pil KB, jangan ragu untuk konsultasi ke dokter.


6. Stres dan cemas berlebihan

Lebih sulit untuk dapat terangsang jika Bunda sedang stres, gelisah, dan cemas, terutama karena pikiran sedang tidak rileks. Ya, gangguan pada kesehatan mental yang serius, termasuk depresi, dapat mempengaruhi dorongan seks seseorang.

“Dorongan seks atau libido dapat dipengaruhi secara signifikan oleh masalah psikis, karena kemampuan mereka untuk mengalami kesenangan dapat menjadi berkurang akibat oleh depresi itu sendiri,” ujar pakar kesehatan wanita, Jennifer Wider, MD.

7. Menjelang menstruasi

Saat akan memasuki siklus haid, vagina kering menjadi salah satu hal yang rentan terjadi. Ini dipengaruhi oleh perubahan hormon.

“Tingkat estrogen dan progesteron rendah saat wanita akan memulai menstruasi, akibatnya vagina jadi terasa lebih kering," imbuh Wider.

8. Penggunaan lubrikan berbahan dasar air

Lubrikan memang dapat digunakan untuk mengatasi vagina kering, namun jika yang digunakan adalah pelumas berbahan dasar air atau water-based, maka ia dapat mengering dengan cepat.

9. Kurang minum air putih

Selain memengaruhi kesehatan tubuh secara keseluruhan, tak cukup terhidrasi juga dapat mengganggu kemampuan pelumasan vagina.

“Dehidrasi dapat memicu vagina kering, dengan cara yang sama seperti dehidrasi menyebabkan kulit kering di area tubuh lainnya,” tutur Wider.

10. Douching

Douching alias membersihkan bagian dalam dan luar vagina dengan sabun sebaiknya tak dilakukan. Sebab kebiasaan ini dapat berisiko menyebabkan iritasi dan vagina kering.

Selain itu, douching juga dapat menghilangkan bakteri baik, meningkatkan tingkat pH vagina, dan pada dasarnya membuat bakteri jahat pemicu infeksi lebih mudah berkembang biak.

Demikian ulasan tentang hal-hal yang dapat menyebabkan vagina kering saat berhubungan seks, sehingga penetrasi bisa jadi tak nyaman. Jangan ragu cek ke dokter jika kemungkinannya karena infeksi ya, Bunda.

(fir/fir)
HALAMAN :
ARTIKEL SELANJUTNYA
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!