sign up SIGN UP search


moms-life

Penting Bun, Ini Penyebab Vagina Berdarah ketika Berhubungan Seks

Kinan   |   Haibunda Selasa, 10 Aug 2021 21:45 WIB
PENYEBAB VAGINA BERDARAH SAAT BERHUBUNGAN SEKS
Saat dan setelah berhubungan seks vagina sering berdarah? Jangan anggap enteng, Bunda! Ketahui ragam penyebabnya agar bisa mendapat pengobatan sesuai. caption

Pendarahan vagina saat berhubungan seks dapat disebabkan oleh banyak hal, yang mirip seperti faktor-faktor di atas. Ini termasuk infeksi, trauma vagina karena kurang pelumas, polip serviks, menopause, dan kanker.

Namun, ada beberapa kondisi lain yang dapat menyebabkan vagina berdarah saat berhubungan seks, yaitu:

1. Endometriosis

Kondisi medis ini terjadi ketika jaringan mirip endometrium tumbuh di tempat yang tidak seharusnya (di luar rahim). Karena itu, banyak wanita dengan endometriosis melaporkan keluhan seperti haid tidak teratur, serta muncul bercak darah di antara periode haid.


Selain itu, endometriosis juga dapat menyebabkan vagina berdarah saat dan setelah berhubungan seks.

2. Alat kontrasepsi

Setelah menggunakan alat kontrasepsi tertentu, perhatikan gejala yang terjadi saat berhubungan seks. Seperti saat memakai IUD, segera konsultasi ke dokter jika mengalami keluhan vagina berdarah saat atau setelah berhubungan seks.

3. Kehamilan

Sekitar 15 hingga 25 persen bunda hamil mengalami pendarahan pada trimester pertama. Ini dapat terjadi khususnya pada 10 hingga 14 hari setelah pembuahan, ketika sel telur yang dibuahi tertanam di lapisan rahim (dikenal sebagai pendarahan implantasi).

Pada masa ini, Bunda dapat mengalami keluarnya bercak selama atau setelah berhubungan seks. Demikian dilansir Flo.

Alasannya, di awal kehamilan ada lebih banyak pembuluh darah berkembang di leher rahim. Pembuluh darah ini dapat lebih mudah rusak oleh gesekan, sehingga menyebabkan vagina berdarah saat berhubungan seks.

4. Pemulihan pascapersalinan

Rahim dan vagina membutuhkan waktu sekitar 6-8 minggu untuk bisa benar-benar sembuh setelah melahirkan. Selama waktu ini, proses pendarahan pascapersalinan (lochia) akan melambat dan bahkan berhenti selama beberapa hari.

Namun dalam beberapa kasus, darah ini dapat berhenti sesaat saja alias muncullagi secara tidak terduga.

Kapan vagina berdarah saat dan usai berhubungan seks perlu diperiksa dokter?

Jika Bunda mengalami vagina berdarah usai berhubungan seks sesekali saja, kemungkinan ini tak perlu dikhawatirkan. Namun demikian, satu-satunya cara untuk mengetahui dengan pasti penyebabnya yakni menemui dokter untuk melakukan pemeriksaan fisik.

Dokter dapat memeriksa apakah ini mungkin disebabkan oleh penggunaan kontrasepsi. Jelaskan juga gejala lain yang Bunda rasakan, termasuk nyeri saat berhubungan seks, yang bisa menjadi tanda kurang pelumas atau infeksi

Dokter juga akan melakukan pemeriksaan panggul dan mencari sumber perdarahan. Misalnya seperti robekan atau lesi vagina, tanda-tanda prolaps organ panggul, polip serviks, atau peradangan.

(fir)
HALAMAN :
ARTIKEL SELANJUTNYA
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!