sign up SIGN UP search


moms-life

Dapat Rp15 Juta Per Bulan dari Beasiswa, Begini Kehidupan Mahasiswi RI di Belanda

Mutiara Putri Sabtu, 21 Aug 2021 10:50 WIB
Maulia Mahirani dapat Beaiswa di Belanda caption
Jakarta -

Pendidikan adalah hal yang utama bagi setiap manusia ya, Bunda. Bahkan sampai ada pepatah yang mengatakan untuk mengejar ilmu ampai ke negeri China yang berarti ilmu harus dicapai setinggi mungkin.

Untuk mempermudah setiap orang mendapatkan ilmu pengetahuan, ada banyak lembaga yang memberikan beasiswa kepada siswa yang berprestasi baik di bidang akademik maupun non-akademik. Hebatnya lagi, beasiswa bisa didapatkan dari seluruh negara di dunia, lho.

Salah satu mahasiswa Indonesia yang berprestasi dan berhasil mendapatkan beasiswa adalah Maulia Mahirani. Maulia kini merantau dan melanjutkan studi masternya di Belanda, tepatnya di Universitas Twente, Bunda.


Maulia sendiri melanjutkan studi yang cukup panjang namun sangat menarik, lho. Yakni Geo-Information Science and Earth Observation with Specialization in Land Administration.

Jurusan ini adalah sebuah jurusan yang mempelajari tentang cara menganalisa sebuah data yang ada di atas maupun di bawah permukaan bumi tanpa melakukan kontak langsung, Bunda.

"Kurang lebihnya (belajar) bagaimana cara mengoleksi dan menganalisa sebuah data di atas maupun di bawah permukaan bumi tanpa melakukan kontak langsung terhadapnya," kata Maulia dilihat dari kanal YouTube CXO Media pada Kamis (19/8/2021).

Selain menjelaskan tentang jurusannya, wanita asal Bandung ini juga mengungkapkan jumlah uang yang ia dapatkan setiap bulannya dari beasiswa, Bunda. Ia sendiri mengaku mendapatkan uang sebesar 900 Euro atau sekitar Rp15 juta, lho.

"Kalau mengenai beasiswa kalian bisa langsung buka websitenya di studyinholland.nl. Aku dapat 900 Euro (Rp15 juta) per bulan, biaya kuliah dan juga asuransi," ungkapnya.

Sementara itu, sistem pendidikan di Negara Kincir Angin sendiri cukup menarik nih, Bunda. Bukannya menggunakan sistem semester, mereka justru menggunakan sistem blok.

"Jadi dalam satu tahun akademik itu kita punya 4 blok yang quarter gitu disebutnya. Setiap blok itu kita ujian. Jadi kalau punya 4 blok sama saja kita ujiannya 4 kali. Dan satu blok-nya itu ada dua modul," tutur Maulia.

"Cukup unik sih karena enggak pakai sistem semester gitu," sambungnya kemudian.

Karena Belanda masih menerapkan sistem lockdown, Maulia harus kuliah secara online, Bunda. Kalau bosan, ia memutuskan untuk pergi ke sebuah pasar untuk membeli kebutuhannya.

Klik baca halaman berikutnya yuk, Bunda.

Bunda, simak juga video remaja 14 tahun berdarah RI diterima kuliah di AS berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]



PASAR TRADISIONAL DI BELANDA
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!