sign up SIGN UP search


moms-life

Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Investasi Jika Gaji UMR, Penting Bun!

Mutiara Putri Rabu, 25 Aug 2021 15:16 WIB
ilustrasi investasi caption
Jakarta -

Melakukan investasi merupakan salah satu kegiatan yang harus direncanakan, Bunda. Meski begitu, investasi bukanlah hal yang menjadi prioritas utama. Investasi sendiri merupakan kegiatan menanamkan modal dengan harapan akan mendapatkan keuntungan di kemudian hari.

Terkadang Bunda mungkin berpikir bahwa investasi hanya dilakukan oleh orang yang memiliki gaji tinggi, ya? Nyatanya investasi bisa dilakukan oleh siapa saja, Bunda.

Menurut seorang financial planner, Annisa Steviani, investasi bukanlah hal yang harus diutamakan dalam proses perencanaan keuangan. Karena itu, Bunda harus cek terlebih dahulu apakah keuangan Bunda selama ini sudah aman atau belum.


"Gaji UMR atau gaji tidak UMR, dalam financial planning urutannya tetap sama ya. Investasi bukan prioritas utama. Cek dulu apakah cash flow aman?" katanya pada HaiBunda beberapa waktu lalu melalui pesan teks.

Wanita Batak Cerai dari Bule Kaya

Annisa juga menyarankan agar Bunda memeriksa terlebih dahulu apakah kebutuhan sehari-hari dari penghasilan yang didapatkan sudah terpenuhi atau belum. Kalau dirasa belum cukup atau kurang, Bunda bisa cek pengeluaran yang jumlahnya besar.

"Bisakah memenuhi kebutuhan sehari-hari dari penghasilan yang didapat? Kalau belum bisa atau terasa kurang, cek dulu apakah pengeluaran terlalu besar dan ada yang bisa diirit?" katanya.

Kalau pengeluaran terbesar sudah diirit dan tidak ada lagi yang bisa dikurangi, itu tandanya penghasilan Bunda memang kurang. Bunda perlu mencari cara untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

"Kalau sudah sangat irit dan tidak ada yang bisa dikurangi, tandanya memang penghasilannya kurang. Cari cara dulu untuk tambah penghasilan," jelas wanita yang akrab disapa Ica ini.

Selain penghasilan cukup dan mendapatkan pemasukan tambahan, Bunda juga perlu pastikan terlebih dahulu apakah dana darurat sudah terpenuhi, nih. Setelahnya, Bunda bisa lanjutkan ke level selanjutnya.

"Setelah memastikan penghasilan lebih besar dari pengeluaran dan ada sisa, baru cek ke level berikutnya, apakah punya dana darurat?" ungkap Ica.

Selain mencari penghasilan tambahan dan dana darurat, Ica juga memberikan beberapa tips lainnya nih, Bunda. Klik baca halaman berikutnya, yuk!

Bunda, simak juga video ide alokasi hadiah Rp5 miliar Greysia Polii dan Apriyani berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]



PASTIKAN PUNYA PROTEKSI KESEHATAN
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!