sign up SIGN UP search


moms-life

Bule Cantik Dinikahi Pengamen Bandung Berhenti Jadi PNS di Belanda, Padahal Gaji Rp28 Juta

Asri Ediyati Selasa, 07 Sep 2021 13:28 WIB
GAJI PNS BELANDA PULUHAN JUTA KOK PILIH BERHENTI?
Tess & Tom caption

"Mau tahu gaji waktu itu aku berapa? Aku tidak ingat, buat aku biasa aja. Aku tidak ada slip gaji tapi aku tahu dapat berapa duit," ungkap Tess.

"Waktu mulai itu 2.700 euro (sekitar Rp42 jutaan) tapi ini sebelum tax, pajak 30 persen, jadi 1.800 euro (sekitar Rp28 jutaan)."

Kata Tess, mungkin banyak yang berpikir gaji tersebut sangat banyak. Akan tetapi di Belanda, biaya hidupnya juga tinggi, Bunda.


Untuk rumah, asuransi, semuanya memakan 1.200 euro atau sekitar Rp19 jutaan. Itu pun belum termasuk makan, sebulan sekitar Rp6 jutaan.

"Lalu bisa saving, 200 - 300 euro (Rp3,3 juta - Rp5 jutaan)," ucapnya.

Tess mengatakan gaji PNS di Belanda sebetulnya tidak terlalu banyak, asal bisa menabung. Lalu, jika sudah dua tahun bekerja di sana, Tess mengungkap, gajinya bisa mencapai 2.400 euro (termasuk pajak) sebulan.

"Tapi masih tidak banyak, buat rumah itu susah banget di Belanda," katanya.

Lalu, kenapa memilih berhenti? Tess yang menikahi Tom itu mengatakan bahwa tampaknya ada harapan baik ketika tinggal di Indonesia.

Sementara ketika hidup di Belanda, jika ia hanya bekerja sebagai PNS maka sulit untuk bisa bekerja sampingan. Apalagi biaya hidup dan harga properti di Belanda sangat tidak terjangkau. Tess akhirnya berhenti dan memutuskan untuk tinggal di Indonesia.

"Saya mikir Indonesia lebih bagus, saya mau tinggal di Indonesia. Lalu, saya berhenti (bekerja) di Belanda, pindah ke Indonesia," ungkap Tess yang akhirnya memilih jadi ibu rumah tangga.

Bicara tentang kisah cinta mereka, ada cerita menarik mengapa keduanya bisa bertemu dan memutuskan menikah. Baca kelanjutannya di halaman berikut.

PERTEMUAN TESS DAN TOM, AWALNYA MERASA DIJEBAK
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!