sign up SIGN UP search


moms-life

5 Cara Mudah Memangkas Tanaman Hias Agar Terlihat Cantik Bun

Juan Satya   |   Haibunda Minggu, 05 Sep 2021 04:00 WIB
SINGKIRKAN BAGIAN MATI HINGGA CIPTAKAN POTONGAN BUNDA
Pemangkasan merupakan teknik yang tidak boleh dilewatkan saat merawat tanaman hias, Bunda. Supaya tanaman terlihat cantik, ikuti lima cara mudah memangkasnya. caption

3. Singkirkan Bagian Mati

Saat memangkas tanaman hias, Bunda dapat menggunting atau jepit daun dan batang yang sudah mati. Namun jika batang membusuk di akar, Bunda dapat mencabutnya, dan pastikan tanah pada tanaman hias mengering terlebih dahulu sebelum dilakukan penyiraman berikutnya.

4. Matikan Tanaman

Jika Bunda akan memangkas tanaman hias berbunga, Bunda dapat singkirkan semua bunga bekas yang ada pada tanaman dengan cara menjepit atau memotongnya kembali sedekat mungkin dengan batang utama.

5. Ciptakan Potongan Bunda

Saat memangkas, Bunda dapat melakukan pemotongan yang bijak untuk mendorong pertumbuhan baru pada tanaman. Bunda dapat memotong tanaman hias tepat sebelum bagian simpul daun.


Saat memotong batang yang lebih besar, Bunda dapat potong sedekat mungkin dengan batang utama. Namun, jangan membuang lebih dari 25 persen tanaman, ya.

Jika Bunda memangkas tanaman guna mendorong pertumbuhan baru yang lebat, Bunda dapat memotong tunas secara dominan pada bagian batang tertentu, lalu goyangkan potongan untuk mendorong pertumbuhan yang bervariasi.

Nah saat memangkas tanaman hias, jangan lupa juga untuk selalu mengutamakan kebersihan ya, Bunda. Jaga alat pemangkas tetap tajam dan bersihkan serta disinfeksi setiap kali setelah digunakan. Selamat mencoba, Bunda.

(fir/fir)
HALAMAN :
ARTIKEL SELANJUTNYA
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!