sign up SIGN UP search


moms-life

8 Cara Mengatasi Kutu Daun pada Tanaman Hias

Melly Febrida Selasa, 14 Sep 2021 04:00 WIB
human hand is checking leafs for aphidsaphids on leaf Foto: Getty Images/wakila

Melihat tanaman hias kesayangan ditempeli kutu daun pasti membuat Bunda amat jengkel. Tapi jika itu terjadi, Bunda jangan terlau bersedih hati, sebab ada banyak cara aman dan mudah yang bisa digunakan untuk membasminya. 

Kutu daun yang paling sering ditemukan pada tanaman hias ini biasanya berwarna hijau muda, tapi ada juga yang berwarna merah muda, putih, abu-abu dan hitam. Kutu daun memiliki sayap dan dapat muncul ketika koloni terbentuk lalu terbang untuk menginfeksi tanaman baru. 

Dikutip dari gardening know how, master gardener, Jon Vanzile mengatakan kutu daun ini bisa merusak tanaman dengan mengisap getah dari tanaman. Kutu cenderung mengelompok di ujung pertumbuhan tanaman dan menempel di batang hijau yang lembut.


“Akibatnya, dedaunan baru mungkin terlihat berkerut atau kerdil, dengan kutu daun biasanya terlihat jelas di sekitar batang,” kata Vanzile dikutip dari The Spruce.

Kalau sudah memburuk, tanaman akan mulai berjatuhan. Akhirnya, seperti kutu putih, embun madu yang dikeluarkan kutu daun dapat mendorong pertumbuhan jamur jelaga dan jamur.

Kutu daun ini cenderung berkembang dengan cepat, dan tergolong dalam serangga yang bermobilitas tinggi, dapat berpindah dari satu tanaman ke tanaman lainnya dengan cepat. 

Mencegah dan mengatasi kutu daun

Jika tanaman hias Bunda terkena kutu daun, bagaimana cara mengendalikannya? Haruskah dengan pestisida? Atau ada cara alami yang dapat digunakan? Membasmi kutu daun secara alami tentu tidak hanya lebih baik bagi lingkungan, tetapi juga lebih efektif.

Bunda bisa mengendalikan kutu daun tanaman hias di kebun dengan memanfaatkan kelemahannya dan melakukan beberapa perubahan dalam cara mengelola kebun.

Kutu daun itu memiliki sejumlah musuh alami lho, dan serangga ini jauh lebih baik dalam mengendalikan kutu daun daripada metode lain yang tersedia.

Banner Putri Ahok dan Puput

Memelihara musuh alami menjadikan metode pengendalian kutu yang sangat baik. Serangga yang bermanfaat itu antara lain lacewings dan kepik, yang bisa secara alami membunuh kutu daun.

Bunda juga bisa menanam daun mint, adas, dill, yarrow, dan dandelion di dekatnya sehingga membantu menarik serangga ini ke kebun.

Penggunaan pestisida lebih mungkin membunuh serangga pemangsa daripada kutu daun, sehingga populasi serangga biasanya meningkat setelah penyemprotan. Padahal serangga pemangsa bisa menghancurkan kutu daun, sedangkan semut di taman adalah pelindung kutu daun.

Semut memakan embun madu yang dihasilkan kutu daun. Menyingkirkan semut agar serangga pemangsa dapat melakukan tugasnya merupakan bagian penting dari program pengendalian kutu daun, Bunda.

Seperti kebanyakan hama, kontrol terbaik untuk kutu daun adalah dengan defensif. Tanaman hias yang sehat dan kuat akan lebih terlindungi dibanding tanaman yang lemah, di bawah pot, dan stres. 

Untuk tahu cara mengendalikan kutu daun, bisa baca di halaman selanjutnya, ya, Bunda.

Selain bawa hoki menurut feng shui, beberapa tanaman hias ini juga bisa menyehatkan, lho.

[Gambas:Video Haibunda]



CARA MENGATASI KUTU DAUN PADA TANAMAN HIAS
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!