sign up SIGN UP search


moms-life

Resep Nasi Goreng Kampung dan Cara Membuatnya Agar Rasanya Pas di Lidah

Melly Febrida Selasa, 14 Sep 2021 21:55 WIB
A bowl of Hawaiian fried rice with kalua pork and kim chee, garnished with green onions Ilustrasi nasi goreng. Foto: Getty Images/iStockphoto/IslandLeigh.
Jakarta -

Nasi goreng kampung menjadi salah satu masakan yang paling mudah dibuat buat semua anggota keluarga. Kenapa disebut nasi goreng kampung? Karena bahan dan bumbunya memang sederhana, Bunda. 

Nasi goreng kampung ini dikenal juga dengan sebutan nasi goreng tektek atau nasi goreng Jawa. Untuk membuat nasi goreng kampung ini, sama seperti nasi goreng lainnya yakni menggunakan beras pera. Kalau Bunda tidak punya beras pera, bisa memakai nasi sisa kemarin ya.

Kenapa memilih beras pera? Dalam buku Nasi Goreng Paling Indonesia, penulisnya Sri Rahayu menjelaskan bahwa beras pera akan menghasilkan nasi yang teksturnya terburai, jadi tidak lembek dan menempel. 


Berbeda dengan nasi pulen yang teksturnya lunak dan menempel, sehingga bila digunakan untuk nasi goreng jadi sedikit basah dan menyatu. Supaya memasak nasi goreng dengan rasa pas di lidah, Bunda perlu memperhatikan beberapa hal di bawah ini.

  1. Memasukkan bumbu terlebih dahulu, baru memasak bahan pelengkap seperti telur, ayam, udang, dan bakso. Hal tersebut bertujuan agar bahan-bahan bisa matang dengan sempurna. 
  2. Apabila Bunda menggunakan sayuran dan bawang prei, tumisnya jangan terlalu lama karena warna akan berubah. Masukkan sewaktu-waktu sebelum menambahkan nasi ke dalam bumbu yang telah ditumis.
  3. Gunakan merica hitam bila menginginkan cita rasa yang menggigit.
  4. Kecilkan kompor saat akan mencampur nasi dengan bumbu dan sayuran agar nasi tidak hangus. Aduk cepat dan bila sudah tercampur besarkan api kompor hingga nasi goreng matang dan siap disajikan.
  5. Taburkan bawang goreng dan tambahkan acar serta kerupuk sebagai pelengkap.
  6. Untuk mendapatkan cita rasa yang khas, cobalah memasak nasi goreng dengan menggunakan arang.
  7. Nasi goreng yang lezat tidak harus menggunakan bumbu yang banyak, penggunaan bumbu yang pas ukurannya akan memberikan cita rasa yang lebih nikmat. Contoh untuk memasak dua porsi nasi goreng ukuran sedang kita hanya membutuhkan 2 siung bawang putih yang dihaluskan atau 3 siung bawang putih yang dikeprek serta 4 siung bawang merah.
  8. Penggunaan daun bawang dapat diganti dengan penggunaan bawang merah. Jadi bila ingin memberikan daun bawang lebih banyak, kita dapat mengurangi jumlah bawang yang menjadi 3 siung.
  9. Bila Bunda ingin menghasilkan nasi goreng yang lezat tanpa menggunakan bumbu penyedap, gunakanlah minyak ayam sebagai penggantinya. Minyak ayam didapat dengan cara merebus lemak ayam hingga keluar minyak.

Untuk resep nasi goreng kampung, klik baca halaman selanjutnya yuk, Bunda.

Simak juga resep jus menaikkan berat badan dalam video berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]

RESEP NASI GORENG KAMPUNG
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!