sign up SIGN UP search


moms-life

6 Cara Cek NIK Online yang Lengkap dan Mudah, Catat Bun!

Asri Ediyati Minggu, 12 Sep 2021 13:15 WIB
Ilustrasi e-KTP caption
Jakarta -

Tentu Bunda dan keluarga sudah tak asing lagi dengan Nomor Induk Kependudukan (NIK). Ya, NIK penting dimiliki seluruh penduduk Indonesia karena memiliki banyak fungsi. Hal ini diungkap oleh Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri (Dirjen Dukcapil Kemendagri), Prof. Zudan Arif Fakrulloh.

Mengutip laman resmi Kemendagri, Zudan mengatakan NIK penting agar penduduk dapat mengakses berbagai pelayanan publik, khususnya pelayanan publik yang bersifat mendasar seperti kesehatan, kesejahteraan, dan pendidikan.

Nah, dalam sistem Administrasi Kependudukan di Indonesia saat ini, NIK juga bersifat tunggal. NIK melekat kepada setiap individu, unik, dan berlaku selamanya, Bunda.


Lebih lanjut, Zudan mengatakan NIK telah dioptimalisasi penggunaanya untuk berbagai sektor. Berbagai Kementerian/Lembaga, dalam rangka pemberian pelayanan publik, perencanaan/pembagunan. Lalu, penegakan hukum dan pencegahan kriminal, hingga pembangunan demokrasi itu menggunakan big data kependudukan Dukcapil untuk keperluan verifikasi dan validasi.

"Indonesia saat ini tengah memasuki era big data, dengan NIK sebagai pintu masuknya. Per hari ini, telah dilakukan 3.856 kerja sama hak akses verifikasi data oleh berbagai K/L dengan Dukcapil," kata Zudan.

Banner Bule Perancis Nangis Biaya Karantina di JakartaBanner Bule Perancis Nangis Biaya Karantina di Jakarta/ Foto: HaiBunda/ Mia Kurnia Sari

Oleh karena itu, NIK begitu penting bagi penduduk untuk mengakses berbagai keperluan, termasuk bagi Kementerian/Lembaga dalam melakukan perencanaan dan pembangunan, Bunda. Tak hanya itu, Zudan menyebutkan penting juga untuk mengingat NIK yang terdiri dari 16 digit itu.

Bagaimana tahu NIK kita secara online? Ada beberapa cara cek NIK online yang bisa diterapkan seluruh masyarakat Indonesia. Nomor Induk Kependudukan (NIK) dalam Kartu Tanda Kependudukan (KTP) merupakan nomor identitas yang dimiliki tiap WNI.

Mengecek NIK KTP online memungkinkan warga tak perlu datang ke kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil). Dikutip dari situs Dinas Dukcapil di Indonesia, ada enam cara, Bunda.

Apa saja caranya? TERUSKAN MEMBACA KLIK DI SINI.

Simak juga video soal koin jadul yang bisa dijual dengan harga selangit:

[Gambas:Video Haibunda]



(aci/fir)
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!