moms-life

Ups, Ternyata Ini 6 Hal yang Bikin Kondom Robek dan Rentan Bocor

Kinan   |   HaiBunda

Kamis, 16 Sep 2021 21:45 WIB

Penggunaan kondom saat berhubungan seks tak bisa disepelekan. Ada beberapa hal yang dapat membuat kondom robek, sehingga manfaatnya jadi tak maksimal.

Ya, kondom menjadi salah satu alat kontrasepsi yang banyak dipilih para pasutri. Selain efektif mencegah kehamilan, kondom merupakan satu-satunya jenis kontrasepsi yang juga mencegah penyebaran infeksi menular seksual (IMS).

Kendati begitu, meski jarang namun kebocoran pada kondom bisa terjadi pada siapa saja. Ini terutama jika penyimpanan dan penggunaannya kurang tepat. 


Penyebab kondom robek dan rentan bocor

Nah, apa saja ya hal-hal yang dapat membuat kondom robek dan efektivitasnya berkurang karena bocor? Berikut ulasannya, Bunda:

1. Panas, gesekan, dan sinar matahari

Ingatkan suami untuk menyimpan kondom di tempat yang teduh dan jangan terpapar langsung dengan sinar matahari. Jika bisa, simpan kondom di tempat bersuhu sejuk dan gelap.

Selain itu, penyimpanan di dompet juga sebaiknya tak dilakukan karena gesekan yang ditimbulkan juga berisiko merusak kondom

Banner TKW Blitar dapat Hadiah Mewah

2. Kondom sudah kedaluwarsa

Sebelum menggunakan kondom, jangan lupa juga ingatkan suami untuk memeriksa tanggal kedaluwarsanya terlebih dahulu. Segera buang jika tanggalnya sudah terlewat.

Memakai kondom yang sudah kedaluwarsa berpotensi dapat mudah robek karena kualitasnya sudah menurun.

3. Menggunakan pelumas berbahan dasar minyak

Menggunakan pelumas berbahan dasar minyak termasuk salah satu hal yang dapat merusak kondom. Minyak diketahui dapat merusak lateks, yang merupakan bahan dasar kondom. 

Jika Bunda membutuhkan penggunaan pelumas saat berhubungan seks dengan kondom, sebaiknya pilih yang berbahan dasar air. 

4. Cara pakai yang keliru

Perhatikan apakah suami sudah memakai kondom dengan tepat, yakni menyisakan sedikit ruang kosong di bagian ujungnya. Ruang ini diperlukan saat proses ejakulasi.

Apabila dipakai tanpa menyisakan ruang di ujungnya, kondom bisa mudah robek saat suami mencapai orgasme. 

5. Menggunakan kondom dua rangkap

Jangan pernah menggunakan kondom dua rangkap sekaligus. Bukannya semakin aman, cara ini justru membuat efektivitas kondom berkurang karena mudah robek.

6. Membuka kemasan kondom dengan cara yang salah

Saat hendak membuka kemasan kondom, hindari menggunakan benda tajam seperti gunting atau bahkan gigi. Hal tersebut dapat secara tidak sengaja merobek alias merusak kondom. Cukup gunakan jari saja untuk membuka kemasan kondom.

Kondom juga rentan bocor saat tersangkut kuku, perhiasan atau benda tajam lainnya.

Nah agar kondom tidak rusak dan berfungsi maksimal, bagaimana caranya? Lanjut baca halaman berikutnya, Bunda!

Ingin performa seks selalu prima? Hindari lakukan kebiasaan ini ya Bunda!

[Gambas:Video Haibunda]



TOPIK TERKAIT

HIGHLIGHT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT