sign up SIGN UP search


moms-life

7 Kesalahan Pakai Kondom yang Bikin Fungsinya Tak Efektif, Kasih Tahu Suami Bun

Kinan   |   Haibunda Sabtu, 20 Nov 2021 21:45 WIB
Couple in bed holding hands passionately caption

Kondom merupakan salah satu jenis alat kontrasepsi yang banyak dipilih para pasutri, karena dianggap lebih praktis. Kendati demikian, kesalahan dalam pemakaian dapat mengurangi efektivitasnya.

Pakar kesehatan kesuburan dan endokrinologi reproduksi, Brian A. Levine, MD, menyebutkan bahwa kesalahan saat memakai kondom masih sangat sering terjadi. Bahkan pada pasutri yang menggunakannya secara berkala.

Maka dari itu, penting untuk memastikan pemakaian kondom sudah tepat. Dengan demikian, Bunda tak perlu khawatir terjadi 'kebocoran' atau kerusakan pada kondom.


Apa saja kesalahan-kesalahan cara pakai kondom yang sering terjadi? Berikut ulasannya:

1. Kondom dipakai lebih dari sekali

Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC), kondom tidak boleh dipakai berulang kali. Dokter kandungan dan kebidanan, Alyssa Dweck, MD, menuturkan bahwa ini dapat merusak kondom dan membuatnya tak lagi efektif sebagai alat kontrasepsi.

“Kondom bekas atau yang dipakai lebih dari sekali tidak efektif mencegah kehamilan dan infeksi menular seksual," imbuh Dweck, seperti dikutip dari Self.

2. Menggunakan kondom yang sudah disimpan di dompet

Ingatkan suami untuk tidak menyimpan kondom di dompet atau saku celana, sebab dapat berisiko merusak. Kemasan kondom rentan robek, sehingga membuatnya tak lagi efektif saat digunakan.

3. Tidak memeriksa kemasan kondom sebelum memakai

Saat berhubungan seks, jangan lupa untuk memeriksa keutuhan kemasan dan kondom itu sendiri. Jangan sampai efeknya jadi tak maksimal dan terjadi kebocoran karena sudah rusak saat digunakan.

4. Memakai kondom yang kedaluwarsa

Tak hanya makanan yang punya tanggal kedaluwarsa, kondom juga punya lho, Bunda. Beberapa kondom memiliki spermisida atau bahan lain yang dapat rusak seiring waktu, sehingga dapat mengurangi efektivitasnya.

5. Tidak memasang kondom dengan benar

Apakah suami sudah memahami bagaimana cara memasang kondom dengan benar, Bunda? Tepi eksternal kondom yang tergulung harus berada di luar menghadap jauh dari penis. 

Ingatlah bahwa apabila kondom tidak digunakan dengan tepat sebagaimana mestinya, manfaatnya sebagai alat kontrasepsi pun dapat berkurang. 

Simak ulasan lengkap di halaman berikutnya yuk, Bunda!

Ketahui Bunda manfaat melakukan seks saat hamil:

[Gambas:Video Haibunda]



TAK ADA SALAHNYA GUNAKAN DUA LAPIS KONDOM
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!