sign up SIGN UP search


moms-life

Perempuan Ini Bongkar Gaji Chef di Kapal Pesiar, Ternyata Bisa Sampai Puluhan Juta!

Annisa Afani Senin, 11 Oct 2021 12:51 WIB
Kerja di kapal pesiar caption
Jakarta -

Pekerjaan dengan gaji tinggi selalu berhasil menarik perhatian ya, Bunda. Nah, salah satu yang tak bisa dihiraukan adalah para staf yang bertugas di kapal persiar.

Sebut saja salah satunya sebagai chef, seperti yang dialami oleh seorang wanita yang disapa Yunichan berikut. Dalam satu kesempatan, ia membagikan soal gaji selama dirinya bekerja sebagai chef nih, Bunda.

Katanya, chef yang bekerja di kapal pesiar ini banyak jabatannya. Mulai sebagai beginning atau pemula hingga menjadi executive chef, itu ada 7 tahapan.


"Iya banyak banget, step by step-nya," ujar Yunichan, dikutip dari channel YouTube Adrianto Anwar pada Senin (11/10/2021).

Banner Wanita RI jadi Buruh di SwediaWanita RI jadi Buruh di Swedia/ Foto: haibunda.com/Mia Kurnia Sari

Yunichan juga ungkap bahwa untuk mencapai top position atau posisi paling atas, itu membutuhkan waktu yang amat lama. Meski begitu, gaji yang diperoleh untuk itu cukup menggiurkan pula.

"Butuh waktu yang lama untuk sampai ke top position sebagai executive chef," tuturnya.

Yunichan sendiri menceritakan bahwa dirinya mulai bekerja di kapal pesiar usai memiliki pengalaman selama setahun di sebuah hotel dahulunya. Apabila tak miliki pengalaman, maka calon chef yang melamar harus memulai dari jabatan paling bawah terlebih dahulu.

"Kalau di-hire itu harus dari paling bawah kalau belum punya pengalaman. Saya waktu itu sudah punya pengalaman di hotel satu tahun," ungkapnya.

Untuk gaji sendiri, Yunichan ungkap bahwa itu tergantung dari perusahaan tiap kapal. Namun di kapal tempat ia berkarier, basic salary bagi chef dengan jabatan paling bawah bisa mencapai USD$400 (Rp5,7 juta). "USD$400 belumtermasuk sama insentif," katanya.

Gaji tersebut amat dasar ya, Bunda. Selain itu, chef juga bisa mendapat tambahan dari service charged seperti upah kerja over time atau bonus-bonus dari jumlah tamu kapal.

"Makin banyak tamu, (makin banyak kerjaan) makin banyak tambahannya," bebernya.

Selengkapnya, simak di halaman berikut ya, Bunda.

Bunda, tonton juga cerita crazy rich asal Lebak yang berhasil raih omzet Rp25 miliar per bulan dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

PENDAPATAN YUNICHAN
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!