sign up SIGN UP search


moms-life

Industri K-Pop Buka Lowongan Kerja untuk Orang Asing, Bunda Berminat?

Mutiara Putri Rabu, 13 Oct 2021 10:50 WIB
Industri K-Pop caption
Jakarta -

Selama beberapa tahun terakhir, berbagai kebudayaan yang berasal dari Korea Selatan sedang naik daun di beberapa daerah termasuk Indonesia, Bunda. Tak hanya dramanya yang bikin banyak penonton susah move on, tapi industri musiknya juga menarik perhatian, lho.

Enggak hanya dari Korea, beberapa artis di industri musik seperti girl group nya mempekerjakan orang yang bukan berasal dari Korea, Bunda. Misalnya saja Lisa BLACKPINK yang berasal dari Thailand.

Melansir dari laman Koreaboo, industri K-Pop mempekerjakan lebih banyak orang asing daripada tahun-tahun sebelumnya, nih. Hal ini lantaran semakin banyak grup K-Pop yang memasuki pasar internasional. Oleh karena itu, mereka membutuhkan lebih banyak karyawan asing daripada sebelumnya.


Label ternama HYBE saat ini memiliki lebih dari 60 posisi pekerjaan yang terbuka untuk umum, Bunda. Dengan demikian, perusahaan akan memiliki lebih dari 500 anggota staf di tahun depan.

Salah satu hal yang menarik, orang Korea bukanlah satu-satunya orang yang bisa mendaftarkan diri di industri ini, Bunda. Menurut Lee Sang Hwan, Layanan Sumber Daya Karier K-Pop Conexus Labs, agensi ingin mempekerjakan lebih banyak orang asing daripada yang sebelumnya.

Banner Wanita RI jadi Buruh di Swedia

"Jumlah karyawan asing di label Kpop bertambah akhir-akhir ini dan kemungkinan akan terus meningkat," kata Lee Sang Hwan.

Tak jauh berbeda dari HYBE, JYP Entertainment baru-baru ini juga mem-posting lowongan pekerjaan, Bunda. Lowongan ini dikhususkan untuk mereka yang orang Jepang.

Sementara itu, SM Entertaiment juga enggak mau kalah, lho. Mereka mengumumkan bahwa orang asing yang bukan asli Korea juga bisa memenuhi syarat untuk melamar lowongan pekerjaan di sana.

Beberapa posisi pekerja global sedang dipertimbangkan nih, Bunda. Termasuk posisi manajer idol, peran pemasaran, serta pengarah bisnis.

"Saya pikir permintaan akan tumbuh secara bertahap, karena lebih banyak label K-pop meluncurkan grup mereka di negara selain Korea," jelas Lee Sang Hwan kemudian.

Pertumbuhan karyawan internasional di industri K-Pop juga meningkat sangat cepat, Bunda. Karena itu, Sang Hwan mengusulkan untuk membuat lowongan pekerjaan yang memang dikhususkan untuk orang asing.

"Saya pikir perusahaan bahkan mungkin mempertimbangkan untuk menulis iklan pekerjaan hanya untuk orang asing," imbuhnya.

Meski begitu, bekerja di industri Korea tidaklah mudah, Bunda. Penasaran dengan syaratnya? Klik baca halaman berikutnya, yuk.

Bunda, saksikan juga video resep hotteok kacang mede ala Chef Steby berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]



SYARAT BEKERJA DI INDUSTRI K-POP
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!