sign up SIGN UP search


moms-life

Pasangan RI Hidup di Denmark, Ungkap Alasan Kenapa Jadi Salah Satu Negara Terbahagia Sedunia

Annisa Afani Rabu, 13 Oct 2021 20:16 WIB
Gita dan Kevin di Denmark caption
Jakarta -

Tahukah Bunda bahwa Denmark merupakan salah satu negara yang dinilai miliki masyarakat paling bahagia di dunia? Bahkan, hal tersebut juga diungkap oleh PBB dan masuk dalam urutan tiga besar.

Peringkat tersebut pun tampaknya bertahan lama, lho. Karena ternyata, ini berlaku sejak lebih dari 40 tahun yang lalu.

"Dari PBB, selama 40 tahun ke belakang Denmark menempati peringkat tiga besar. Denmark juga pernah nomor satu pernah nomer 2 dan sekarang nomor dua di bawah England, untuk negara yang paling bahagia di dunia " tutur Kevin dan Gita, dikutip dari channel YouTube Cerita dari Denmark pada Selasa (12/10/2021).


Enggak hanya ungkap sebagai negara paling bahagia, pasangan suami istri itu juga memberikan beberapa alasan mengapa negara tersebut bisa masuk dalam peringkat tersebut.

"Setelah kami cari tahu, baca-baca dan dari pengamatan kami selama tinggal di sini, ada lima faktor yang membuat orang Denmark itu bahagia," kata Gita.

"Faktor-faktor tersebut berhubungan dengan nilai dan budaya orang Denmark ya, Guys. Dan mirisnya, setelah kami amati nilai-nilai tersebut kurang membudaya di Indonesia," sambung Kevin.

Bunda penasaran apa saja alasan yang sudah Kevin dan Gita rangkum dalam konten yang mereka bagi tersebut? Selengkapnya simak sebagai berikut ya.

1. Kepercayaan

Tak dapat dimungkiri, kepercayaan memang menjadi salah satu hal yang membuat hati siapapun merasa tenang dan nyaman ya, Bunda. Dan faktanya, hal tersebut pun juga menjadi hal yang lumrah dan dimiliki oleh masyarakat setempat di sana, lho.

"Pertama adalah trust atau kepercayaan. Tingkat kepercayaan di sini sangat tinggi ya, Guys," kata Gita.

"Orang Denmark tuh saling percaya satu sama lainnya dalam hal apapun. Mau urusan pribadi, pertemanan, mau urusan bisnis dan urusan dengan pemerintah, mereka percaya satu sama lain," sambungnya.

Dari kepercayaan tersebut, semua orang di Denmark lantas selalu dianggap jujur. Setiap orang dengan bebas dan aman karena merasa tak pernah dikecewakan oleh hal tersebut.

"Di sini semua orang dianggap jujur," kata Kevin.

Nah Bunda, kepercayaan ini tentunya bukan ada karena tiba-tibanya. Ini menjadi tabiat dan identitas setiap orang karena didikan yang tepat sejak kecil.

"Nilai kepercayaan ini tidak datang tiba-tiba ya, Guys. Nilai ini diturunkan dari generasi ke generasi mereka. Dari kecil diajarkan oleh orang tuanya, gurunya, untuk menjadi orang yang dapat dipercaya," kata Gita.

"Ada orang yang bilang 'Do what you say, say what you do'. Artinya kerjakan apa yang kamu katakan dan katakan apa yang kamu kerjakan," sambung Kevin.

Lebih lanjut, tingkat kepercayaan yang tinggi ini juga menjadikan Denmark memiliki indeks korupsi paling rendah lho, Bunda. Ujung-ujungnya, kepercayaan tersebut membuat setiap orang tak saling curiga, was-was, sehingga bisa hidup lebih tenang dan bahagia.

"Karena tingkat kepercayaan dan kejujuran yang tinggi di Denmark, maka indeks korupsi Denmark paling rendah sedunia."

"Nilai kepercayaan ini menimbulkan rasa damai karena orang-orang jadi enggak berpikir negatif, enggak suudzon sama orang, enggak waswas. Makanya ini adalah salah satu faktor yang bikin orang Denmark bahagia," lanjut Gita.

Simak alasan lainnya di halaman berikut ya, Bunda.

Bunda, tonton juga lima kebiasaan aneh orang Indonesia di mata bule Belgia dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

KESETARAAN SOSIAL HINGGA KEAMANAN
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!