sign up SIGN UP search


moms-life

Kebiasaan di Brunei Bikin Orang Indonesia Kaget, Pakai Mobil ke Warung Depan Rumah

Asri Ediyati Kamis, 12 Aug 2021 15:35 WIB
A stock photo/3D Render of the Brunei flag. caption
Jakarta -

Sebagai pendatang di negara asing, tentunya perlu beradaptasi dengan kebiasaan orang-orang di negara tersebut. Seperti dialami Wulandari, wanita Indonesia yang kini menetap di Brunei Darussalam. Wulan, sapaan akrabnya, berbagi pengalaman mengenai culture shock yang dialaminya ketika datang pertama kali ke negara tersebut.

Meski sudah 10 tahun lebih Wulan menetap di Brunei, ia ingat beberapa hal yang membuatnya kaget dengan kebiasaan orang-orang di sana, Bunda. Singkat cerita, awal datang ke Brunei, Wulan berpikir kotanya besar seperti Surabaya, Jakarta. Ini karena Wulan belum pernah mengunjungi negara-negara lain selain Brunei.

"Jadi aku terkejut saat tiba di Brunei lewat jalur darat dari Pontianak lewat Sarawak, Sarawak baru masuk Brunei Darussalam. Kok seperti ini Brunei? Aku tidak berpikir kalau Brunei kayak hutan gitu ya," ungkapnya, dilansir kanal YouTube-nya Wulan's Life.


Wulan masih ingat ketika pertama kali menginjakkan kakinya di Brunei sekitar jam 8 - 9 malam, keadaan jalanan sudah sunyi, Bunda. Penduduk setempat terlihat sudah masuk ke rumah masing-masing.

banner cinta penelope di turki

"Berbeda di tempat kita di 8, 9, atau 10 malam tuh masih ramainya orang jalan-jalan. Orang cari makanan, orang nongkrong, orang ngapain entah ke kota. Di desa pun, jam 8, 9 pun masih ramai kan. Tapi tidak seperti yang terjadi di Brunei," kata Wulan.

Itulah culture shock pertama yang dirasakan betul oleh Wulan dan membuatnya tercengang ketika pertama kali datang ke sana. Lalu, yang kedua adalah ketika ia menawari orang makan.

Wulan tak menyangka ketika menawari makanan pada temannya yang orang Brunei, makanannya malah dijilat!

"Aku menawari si A itu, 'Mau makan?' Dia itu menolak, tapi menolaknya dengan cara seperti ini. Itu makanan dipegang (dicolek sedikit), terus makanan yang dipegang itu diciumkan ke bibirnya. Aku terkejut kan, maksudnya apa? Oh no, terima kasih. Berarti dia menolak kan," ucapnya.

Wulan pun akhirnya penasaran mengapa orang Brunei menolak makanan dengan cara seperti itu. Baca kelanjutannya di halaman berikut.

Simak juga cerita pemuda Surabaya jadi tentara AS:

[Gambas:Video Haibunda]



WANITA INDONESIA KAGET DENGAN KEBIASAAN ORANG BRUNEI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!