sign up SIGN UP search


moms-life

Pasangan RI Hidup di Denmark, Ungkap Alasan Kenapa Jadi Salah Satu Negara Terbahagia Sedunia

Annisa Afani Rabu, 13 Oct 2021 20:16 WIB
KESETARAAN SOSIAL HINGGA KEAMANAN
Gita dan Kevin di Denmark caption

2. Kesetaraan sosial

Untuk Bunda ketahui, wajib pajak di Denmark itu amat tinggi, lho. Namun, hal tersebut nyatanya tak membuat warga di sana lupa atau menghindar dari kewajibannya tersebut.

"Pajak tinggi ya, Guys. Tapi orang-orang Denmark itu tetap rela dan happy saja untuk bayar pajak yang tinggi.

"Karena mereka merasa itu adalah bagian dari masyarakat yang bertanggung jawab untuk menciptakan kesejahteraan bersama dan kesejahteraan itu bisa dicapai dengan pajak.


"Dengan membayar pajak yang tinggi, tapi apa yang mereka dapatkan pun juga setimpal. Seperti fasilitas kesehatan yang gratis, fasilitas pendidikan gratis terus untuk mahasiswa juga dibayar ya, dikasih uang saku dan semua lansia di sini mendapatkan uang pensiun serta perawatan yang disediakan oleh pemerintah," papar Kevin dan Gita dengan antusias.

Bukan apa-apa, Bunda. Pajak yang dibayar oleh masyarakat ini juga terbukti banyak memberi manfaat. Ini termasuk bagi orang-orang yang tak bisa bekerja, atau yang belum mendapatkan pekerjaan.

"Ini juga berfungsi sebagai social safety net ya , Guys. Jadi untuk orang-orang yang tidak bisa bekerja karena terlalu muda, terlalu tua, sedang sakit atau yang kehilangan pekerjaan, mereka mendapat bantuan dari pemerintah.

"Untuk orang yang kehilangan pekerjaan mereka akan diberikan gaji selama maksimal dua tahun, tapi selama itu mereka juga harus berusaha aktif mencari pekerjaan dan diberikan pelatihan-pelatihan atau kursus-kursus gitu dari pemerintah."

"Jadi disini semakin gede penghasilan kamu, maka pajaknya semakin besar ya. Dan hasilnya adalah kesenjangan sosial di sini sangat rendah," sambut Kevin lagi.

3. Keamanan

Dengan kepercayaan yang tinggi, maka ini juga berkaitan dengan keamanan yang tercipta dalam lingkungan di Denmark, Bunda. Dari hal ini pula, negara dengan penduduk sebanyak 5,8 juta ini masuk dalam kelompok dengan kriminalitas paling rendah.

"Denmark adalah negara yang sangat aman dan tingkat kriminalitasnya sangat rendah," kata Gita.

Bukti keamanan yang terjaga ini juga bisa dilihat dari keseharian orang-orang di sana. Mulai dari anak-anak yang terlihat bepergian sendirian tanpa didampingi orang tua, hingga bayi yang ditinggal di luar ruangan pun akan tetap terjaga.

"Sebagai contoh, di sini sering lihat anak-anak masih kecil atau masih SD gitu pergi sendiri tanpa didampingi orang tua. Mereka naik di bus atau naik kereta sendiri gitu."

"Terus ada bayi di stroller yang ditinggalkan di luar, sementara orang tuanya makan-makan di dalam restoran. Itu sudah biasa, orang tuanya tidak khawatir karena mereka tahu kalau bayi itu bakal aman tidak akan diculik atau bagaimana," kata Gita.

Anak-anak yang bebas berkeliaran ini nyatanya juga dijaga oleh masyarakat sekitar, Bunda. Mereka aman bukan karena dipantau dari jauh oleh orang tua mereka sendiri, namun juga turut dijaga oleh orang dewasa yang berada di sekitarnya.

"Karena bukan orang tuanya saja yang menjaga mereka, tapi semua orang ikut menjaga mereka gitu kalau mereka ada apa-apa," sambung Kevin melengkapi penjelasan istrinya.

Simak kelanjutannya di halaman berikut ya, Bunda.

KEBEBASAN JALANI HIDUP HINGGA BERSYUKUR
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!