sign up SIGN UP search

moms-life

Pasangan RI Hidup di Denmark, Ungkap Alasan Kenapa Jadi Salah Satu Negara Terbahagia Sedunia

Annisa Afani Rabu, 13 Oct 2021 20:16 WIB
KEBEBASAN JALANI HIDUP HINGGA BERSYUKUR
Gita dan Kevin di Denmark caption

4. Kebebasan

Tak seperti kebanyakan tabiat dari orang tua serta lingkungan di negara lain, masyarakat di Denmark justru menerapkan kebebasan pilihan hidup bagi setiap orang lho, Bunda. Bahkan, hal tersebut juga sudah ditanam pada anak sejak dini.

Hal yang paling kentara yakni soal pilihan menjalani hidup saat dewasa. Setiap anak, akan mendapat dukungan dari orang tua hingga lingkungan terhadap apapun pilihannya.

"Kebebasan untuk menjalani hidup sejak dini. Anak-anak sudah dibebaskan oleh orang tuanya untuk memilih apa yang mereka inginkan, apa yang mereka sukai, dan menentukan ingin jadi apa mereka nanti kelak," papar Gita.


"Ada sebuah cerita, ada orang tua yang sangat bangga dan happy karena anaknya akhirnya menemukan apa yang ingin dia lakukan. Saat itu orang tuanya bertanya sama anaknya, 'Kamu memangnya mau jadi apa?' Anak itu menjawab, 'Aku ingin jadi tukang pengangkut sampah'," cerita Gita.

Bagi sebagian orang, mungkin hal tersebut akan membuat si anak ditertawakan. Atau bahkan yang lebih buruk, pekerjaan tersebut justru dipandang dengan sebelah mata ya, Bunda?

Akan tetapi, hal tersebut tak berlaku di Denmark, lho. Bagi masyarakat di sana, semua pekerjaan atau profesi itu dianggap sama pentingnya. Anak-anak sudah diajari bahwa tak ada pekerjaan yang rendah atau tinggi.

"Di sini, semua profesi itu dianggap sama, Guys. Orang tua sudah mengajarkan pada anaknya kalau profesi itu sama pentingnya, tidak ada profesi yang lebih tinggi atau lebih rendah," papar Kevin.

5. Danish Hygge

Dalam bahasa Denmark, 'Danish Hygge' itu memiliki arti dan menggambarkan suasana hati yang tenteram, damai, dan rileks, Bunda. Dan bagi warga setempat, hal tersebut bisa diperoleh tanpa harus dengan kemewahan.

"Ini enggak harus didapatkan dengan kemewahan ya, Guys. Tidak harus beli barang mewah, harus punya uang banyak, tapi lebih kepada hal-hal kecil yang kita lakukan sepele, biasa saja, tapi mereka sangat memaknai hal itu," kata Gita.

Bagi orang Denmark, untuk dapatkan perasaan Danish Hygge bisa dilakukan dengan melakukan kegiatan atau menghabiskan waktu bersama orang-orang terkasih.

"Contohnya kumpul-kumpul bersama keluarga atau teman, terus sampai santai sambil nonton TV, baca buku, berkebun, pokoknya hal-hal simpel lah yang menurut kita biasa saja, tapi mereka sangat memaknai hal tersebut," ujar Gita.

"Karena orang Denmark lebih punya seni untuk bersyukur terhadap apa yang mereka punya dan apa yang mereka lakukan, intinya bersyukur," kata Kevin.

(AFN/som)
HALAMAN :
ARTIKEL SELANJUTNYA
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!