sign up SIGN UP search


moms-life

Cara Bunda MAXimalkan Internet untuk Pelajari Hal Baru

Khoirul Anam Rabu, 13 Oct 2021 07:02 WIB
Bangkok, Thailand - JUN 18, 2018: social medial app iPhone mobile phone with blue screen background technology business smartphone digital communication facebook and internet editorial Foto: Getty Images/iStockphoto/Wiyada Arunwaikit
Jakarta -

Mempelajari hal baru secara mandiri bukan sesuatu yang mustahil untuk dilakukan. Perkembangan teknologi internet telah membantu para pengguna dalam mencari dan menggali ilmu atau keterampilan yang ingin dikembangkan.

Berbeda dengan cara belajar terdahulu yang mengharuskan kehadiran di kelas, kini mempelajari hal baru tak lagi harus mendatangi guru atau pelatih. Sebab semua sudah serba online. Meski demikian, belajar dengan cara seperti ini tetap bisa meningkatkan pengetahuan atau keterampilan.

Mempelajari hal baru secara online kini bisa dilakukan di mana saja, termasuk di rumah. Dalam mempelajari hal baru, Bunda dapat memilih berbagai sumber serta medium yang diminati.


Bagi Bunda yang ingin mempelajari hal-hal baru, berikut ini cara-cara efektifnya sebagaimana dikutip dari creately.com.

Aplikasi

Mempelajari hal baru bisa dilakukan dengan bantuan beragam aplikasi di telepon genggam Bunda. Saat ini banyak aplikasi telah menyediakan cara yang menghibur sekaligus efektif untuk mengembangkan pengetahuan, seperti mempelajari bahasa atau bisnis.

Contoh aplikasi yang bisa membantu Bunda adalah Duolingo, Google Primer, atau TED Talks. Keuntungan belajar dengan cara ini, Bunda bisa melakukannya di mana dan kapan saja.

Catatan Visual

Cara efektif lainnya dalam mempelajari hal baru adalah dengan metode pencatatan visual. Metode ini merupakan gabungan antara teks dan visual untuk merekam informasi ketika belajar.

Nantinya, Bunda bisa membuat gabungan-gabungan teks dan visual itu untuk keterampilan yang sedang dipelajari.

Asal tahu saja, metode ini berhasil meningkatkan memori dan pemahaman akan materi yang sudah diperoleh. Ini karena materi tersebut disajikan menggunakan gambar, ilustrasi, hingga penataan.

Video Edukasi

Media ini paling banyak digunakan dalam mempelajari hal-hal baru. Video edukasi saat ini bisa didapatkan dengan mudah, entah melalui YouTube atau media sosial lainnya.

Video menyediakan cara yang mudah dan menarik dalam proses belajar. Bahkan, sudah digunakan di seluruh sekolah dan universitas sebagai sarana pendidikan untuk meningkatkan pengalaman belajar siswa.

Berbagai jenis video untuk proses mengasah keterampilan bisa dengan mudah ditemukan di internet, mulai dari tutorial hingga video berdurasi 50-60 detik. Contohnya, video-video yang dibagikan oleh kanal Learning di platform YouTube.

Metode belajar online ini juga dilakukan oleh para Bunda di Surabaya. Mereka memilih menjadikan video untuk mendukung kegiatan pembelajaran selama di rumah.

Dian Anggraini, salah satu Bunda yang mengajak anaknya dalam kegiatan positif ini. Bersama Si Kecil, Dian sering menghabiskan waktu mempelajari resep masakan melalui video YouTube.

SmartfrenFoto: dok. Instagram/@diananggrainii90

"Browsing internet adalah caraku untuk bisa menemukan ide-idenya. Penting banget, nih, punya jaringan yang 100 persen 4G," kata dia dikutip dari akun Instagram @diananggrainii90.

Demi kelancaran proses belajar itu, Dian memanfaatkan Smartfren Gokil Max. Dengan kecepatan yang mumpuni, Smartfren Gokil Max cocok digunakan untuk mendukung Dian dalam mencari referensi resep di internet. Apalagi Smartfren Gokil Max bisa didapatkan dengan harga mulai Rp30 ribuan.

"Kuotanya Smartfren ini besar 36 GB dengan harga Rp70 ribuan, ada 12 GB kuota nasional, 24 GB kuota lokal, yang bisa digunakan 24 jam di semua aplikasi selama 30 hari. Ditambah ada Extra Kuota 70 GB yang dapat digunakan dari jam 1-5 pagi. Kuotanya beneran gokil," kata dia.

Ia juga mengaku bahwa kegiatan itu menjadi cara dalam mengembangkan kemampuan motoriknya Si Kecil. Selain itu, bisa juga untuk mempererat hubungan antara ia dan anaknya saat memasak bersama.

Tak mau kalah, Aprilia Mahfud juga mempelajari hal baru di usia kehamilannya yang memasuki trimester. Aprilia belajar banyak mengenai yoga, latihan pernapasan, dan mencari afirmasi positif menjelang persalinan.

Ketika mempelajari hal-hal itu, ia juga memanfaatkan streaming video melalui YouTube dan media sosial lainnya. Ia menyambungkan video dari internet tersebut ke televisi agar lebih nyaman.

"Nah, tentunya aku membutuhkan provider dengan sinyal yang kuat dan jaringan meluas, kini sudah kutemukan Smartfren Gokil Max," tulisnya dalam akun Instagram @apriliamahfud.

Bunda lainnya yang mencoba produktif di masa pandemi adalah Kurnia April. Kurnia terinspirasi untuk mempelajari cara membuat kerajinan tangan bunga dari plastik.

SmartfrenFoto: dok. Instagram/@kurnia.april93

"Karena saya masih awam, saya belajar secara otodidak lewat YouTube dan komunitas group FB," tulisnya dalam akun Instagram @kurnia.april93.

Kurnia juga terbantu dengan Smartfren Gokil Max dalam proses mempelajari keterampilan tersebut. Menurutnya, Smartfren Gokil Max memberi kecepatan yang MAXimal dengan jaringan bagus meskipun di dalam rumah.

"Dengan kuota 9 GB, 3 GB kuota nasional, 6 GB kuota lokal yang bisa digunakan 24 jam di semua aplikasi di jam 1-5 pagi, lho," ungkapnya.

Itulah kegiatan produktif Bunda-bunda dari Surabaya selama masa pandemi. Smartfren juga siap membantu Bunda menjaga keluarga agar sehat dan tetap seru meskipun di rumah.

Apalagi, Smartfren Gokil Max menawarkan berbagai jenis pilihan kuota. Mulai dari Gokil Max 9 GB dengan harga Rp30 ribu, Bunda akan mendapatkan 3 GB kuota nasional, 6 GB kuota lokal, dan Extra Kuota 30 GB (01.00 - 05.00 WIB).

Ada juga Gokil Max 21 GB dengan harga Rp50 ribu, Bunda akan mendapatkan 7 GB kuota nasional, 14 GB kuota lokal, dan Extra Kuota 50 GB (01.00 - 05.00 WIB). Terakhir ada Gokil Max 36 GB dengan harga Rp70 ribu, Bunda akan mendapatkan 12 GB kuota nasional, 24 GB kuota lokal, dan Extra Kuota 70 GB (01.00 - 05.00 WIB).

Bunda nggak perlu bingung untuk pembagian kuotanya, kuota nasional bisa digunakan di mana saja sedangkan kuota lokal bisa digunakan di kota asal pembelian kartu perdana Gokil Max.

Bunda bisa menceritakan pengalaman menggunakan Smartfren Gokil Max, seperti pengalaman mendidik anak, bisnis, kerjaan, kesehatan, hingga mencari alternatif hiburan.

Bunda bisa membagikan ceritanya dalam bentuk video dan unggah di Instagram. Akan ada tambahan penilaian jika Bunda unggah di Instagram Reels.

Bagi Bunda yang sudah menceritakan pengalamannya di Instagram, akan ada hadiah yang bisa didapatkan. Masing-masing uang tunai Rp1 juta untuk 2 pemenang di setiap kategorinya.

Adapun kategorinya yakni Financial Issue (anggota komunitas Bandung), Parenting Issue (anggota komunitas Surabaya), Child Development Issue (anggota komunitas Yogyakarta), serta Mompreneur (anggota komunitas Medan dan Makassar). Menarik dan Gokil banget, kan?

Jangan lupa juga sertakan hashtag ketika mengunggah postingan pengalaman Bunda #KuotaSultanHargaTeman #smartfrenBarengHaiBunda dan mention atau tag ke akun Instagram resmi ke akun Instagram @Smartfrenworld dan @haibundacom serta tag 3 orang teman.

Yuk, ikutan Bun! Untuk informasi lebih lanjut, Bunda bisa melihatnya di tautan berikut ini.

(prf/ziz)
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!