sign up SIGN UP search

moms-life

Cara Membasmi Hama Kutu Putih, Lindungi Tanaman Kesayangan Bunda Yuk!

Nisa Hayyu Rahmia   |   Haibunda Rabu, 27 Oct 2021 04:00 WIB
Young happy brunette woman pouring water from watering can on potted plants in her home greenhouse, her little private garden. caption

Bagi Bunda yang hobi berkebun atauĀ mengoleksiĀ tanaman hias, pasti sudah tak asing lagi dengan hama kutu putih. Bunda mungkin sering menemukannya pada batang atau daun tanaman.

Serangga berukuran sangat kecil ini mengeluarkan zat lilin yang bertekstur seperti tepung sebagai lapisan pelindung. Kutu putih harus dibasmi karena berbahaya untuk tanaman kesayangan Bunda.

Melansir dari situs The Spruce, kutu putih termasuk dalam jenis serangga skala. Serangga tersebut menyebabkan kerusakan dengan mengisap jus dari tanaman inangnya.


Seiring berjalannya waktu, kutu putih akan menyebabkan daun menguning dan akhirnya jatuh dari tanaman. Kutu putih juga dapat menyebabkan buah-buahan, sayuran, dan kuncup bunga rontok sebelum waktunya.

Nah, jika Bunda mengalami masalah denganĀ kutu putih atau ingin berjaga-jaga agar tanaman Bunda tetap sehat, simak cara membasmi kutu putih yang dilansir dari berbagai sumber berikut.

1. Semprot dengan air

Langkah paling mudah untuk membasmi kutu putih adalah dengan menyemprotnya dengan air bertekanan kencang dan stabil. Bunda bisa menyemprotnya menggunakan selang.

Namun, saran ini hanya bisa diterapkan untuk pohon yang besar seperti mangga ya, Bunda. Tak semua tanaman dapat mentolerir tekanan air yang begitu kencang.

2. Alkohol isopropil

Apabila akan menggunakan alkohol isopropil ini, pastikan kandungannya tidak lebih dari 70%, ya. Sebelum menggunakannya untuk seluruh bagian tanaman, Bunda wajib menguji pada satu daun untuk memastikan alkohol tidak membakar tanaman Bunda.

Caranya, rendam bola kapas dengan alkohol dan usapkan pada kutu putih. Alkohol dijamin akan membunuh dan menghilangkannya.

3. Sabun insektisida

Sabun insektisida tersedia cukup banyak di pasaran. Akan tetapi Bunda juga dapat membuatnya sendiri dengan menggunakan sabun cair.

Carilah produk yang bebas dari parfum dan zat aditif yang dapat membahayakan tanaman. Campur sedikit sabun dengan air (1 sendok teh sabun per 3,7 liter air dan tingkatkan sesuai kebutuhan). Semprotkan larutan sabun pada tanaman.

Bunda, selain menggunakan semprotan air, alkohol isopropil, dan sabun insektisida, Bunda juga bisa membasmi kutu putih menggunakan minyak nimba serta semprotan serangga buatan sendiri. Simak caranya di halaman selanjutnya.

Ternyata garam punya manfaat bagus untuk tanaman, cek video ini Bunda:

[Gambas:Video Haibunda]



CARA MEMBASMI KUTU PUTIH: MINYAK NIMBA HINGGA SEMPROTAN SERANGGA BUATAN SENDIRI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!