sign up SIGN UP search


moms-life

3 Pos Keuangan yang Perlu Diperhatikan Menurut Ahli, Jangan Sampai Salah Bun

Mutiara Putri   |   Haibunda Kamis, 28 Oct 2021 21:12 WIB
Cute caucasian smiling blonde woman in sweater holding bills in one hand and in other smart phone. On table are laptop and bills. Apartment interior. caption
Jakarta -

Bunda mungkin baru akan berpikir untuk mulai menyusun rencana keuangan setelah menikah, ya? Padahal, harusnya perencanaan keuangan sudah dimulai sejak sebelum menikah bahkan sejak masih muda lho, Bunda.

Memiliki kondisi keuangan yang sehat adalah salah satu impian yang diinginkan oleh seluruh keluarga. Terlebih selama masa pandemi, Bunda jadi sering dihadapkan oleh berbagai kondisi keuangan yang tak terduga.

Melihat hal ini, Bunda tentunya perlu sadari seberapa pentingnya memiliki perencanaan keuangan yang baik. Dengan begitu, Bunda sudah tidak akan terkejut dengan rintangan-rintangan atau kondisi darurat yang akan dihadapi dalam kehidupan.


Hal ini juga diungkapkan oleh seorang Principal Consultant, Prita Ghozie, Bunda. Ia mengatakan bahwa sangat penting bagi Bunda untuk mulai memahami tentang pengelolaan keuangan.

"Dalam sehari-hari tanpa disadari kita akan berhubungan erat dengan keuangan. Karena itu, sangat penting bagi siapapun untuk paham tentang pengelolaan keuangan," ujarnya dalam acara Webinar Bincang Shopee "Solusi Galau Rencana Keuangan", pada Kamis (28/10/2021).

Tak hanya itu, Bunda. Prita juga mengungkapkan hasil akhir setelah Bunda bisa mengelola keuangan, nih. Menurutnya, kalau pengelolaan keuangan sudah berjalan dengan lancar, maka Bunda juga akan bisa mengelola gaya hidup dengan benar.

"Kalau sudah bisa mengelola keuangan, maka kita bisa mulai mengelola gaya hidup," papar Prita.

Banner Cara Atasi WC mampet

Dalam proses mengelola keuangan, ada berbagai tantangan yang biasanya dihadapi oleh setiap orang nih, Bunda. Misalnya saja kebiasaan buruk.

Prita menjelaskan bahwa kebiasaan buruk setiap orang dalam hal keuangan berbeda-beda. Namun, kebiasaan buruk ini paling terlihat pada anak muda yang baru saja mendapatkan gaji pertamanya.

"Setiap orang punya bad habbit tersendiri. Untuk anak muda yang enggak pernah tahu tentang perencanaan keuangan, saat merasakan gaji pertama merasa sangat kaya," imbuhnya.

"Hal ini karena sejak kecil memang tak pernah diajarkan. Yang diajarkan hanya untuk menabung, tapi bukan bagaimana cara membelanjakan uang dengan cerdas," tambahnya kemudian.

Untuk mengatasi masalah keuangan, Bunda perlu tahu pos-pos keuangan mana saja yang harus diperhatikan. Prita membagi pos-pos ini ke dalam tiga jenis, Bunda.

Klik baca di halaman berikutnya yuk, Bunda.

Bunda, saksikan juga video 5 koin jadul yang dijual ratusan juta berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]



POS-POS KEUANGAN MENURUT PRITA GHOZIE
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!