sign up SIGN UP search


moms-life

3 Pos Keuangan yang Perlu Diperhatikan Menurut Ahli, Jangan Sampai Salah Bun

Mutiara Putri   |   Haibunda Kamis, 28 Oct 2021 21:12 WIB
POS-POS KEUANGAN MENURUT PRITA GHOZIE
bookkeeper inspector calculated and checking balance account. accounting and auditing concept. caption

Agar Bunda memiliki kondisi keuangan yang sehat, Bunda perlu perhatikan pos-pos keuangan yang dimiliki, nih. Enggak perlu banyak, Prita membagi pos-pos ini ke dalam tiga jenis, Bunda. Berikut ini deretannya.

1. Living

Living merupakan semua pengeluaran yang sifatnya memang harus dan dibutuhkan, Bunda. Dalam hal ini, setiap orang memiliki kebutuhan yang berbeda-beda dan selalu berubah-ubah.

"Misalnya di masa pandemi saat ini, pengeluaran untuk masker dan prokes akhirnya jadi masuk ke living," paparnya.


Untuk mengisi pos living, Prita menyarankan agar Bunda mengisinya dengan 50 persen dari penghasilan yang Bunda dapatkan. Cukup besar ya, Bunda!

"Itu pada dasarnya coba kita bangun dengan 50 persen atas penghasilan kita," ucapnya.

2. Playing

Playing adalah pengeluaran yang sifatnya bukan keharusan, Bunda. Sama seperti living, kebutuhan playing setiap orang juga berbeda-beda karena hobi yang dimiliki juga berbeda.

"Ada yang sukanya belanja skincare, ada yang sukanya belanja outfit, ada yang sukanya belanja gadget, dan lain-lain. Pokoknya apapun yang disukai termasuk donasi, masuk ke sini," papar Prita.

Untuk mengisi pos ini, Prita menyarankan agar Bunda mengisinya dengan 20 persen dari penghasilan yang didapatkan.

3. Saving

Sisanya dari penghasilan yang Bunda miliki sebaiknya dimasukkan ke dalam pos saving. Mengapa saving diisi dengan jumlah 30 persen?

"Karena saving enggak hanya tabungan. Di sana ada dana darurat, tabungan-tabungan kecil seperti ingin beli ini, beli itu, ganti TV, dan sebagainya. Ada juga tabungan besar misalnya setiap tahun ingin liburan,"

Tak hanya itu, investasi yang akan Bunda lakukan juga bisa diletakkan pada pos ini. Misalnya seperti dana pendidikan anak, uang naik haji, uang muka rumah. Kembali lagi, pembagiannya disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing ya, Bunda.

(mua/som)
HALAMAN :
ARTIKEL SELANJUTNYA
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!