sign up SIGN UP search

moms-life

3 Tips Menggoreng Bakwan Agar Crispy, Cocok untuk Camilan Sore Bun

Mutiara Putri   |   Haibunda Jumat, 29 Oct 2021 14:40 WIB
Bakwan jagung caption
Jakarta -

Bakwan adalah salah satu jenis camilan yang paling banyak dicari, Bunda. Bakwan sendiri termasuk ke dalam camilan gorengan yang terbuat dari tepung dan berbagai macam isian.

Untuk Bunda ketahui, ada beragam jenis bakwan yang bisa Bunda coba, lho. Misalnya saja bakwan sayur, bakwan jagung, bakwan udang, dan masih banyak lagi.

Bakwan paling enak dimakan sesaat setelah matang, Bunda. Sayangnya, bakwan terkadang jadi lembek, alot, dan sudah tak renyah ketika didiamkan terlalu lama. Padahal, bakwan yang garing, renyah, dan crispy adalah yang paling nikmat, lho.


Ingin agar bakwan buatan Bunda tetap renyah dan crispy? Ada beberapa tips yang bisa Bunda coba, nih. Berikut ini deretan tipsnya.

1. Tambah tepung beras/maizena

Bakwan yang enak adalah bakwan yang saat digigit renyah tapi saat dimakan terasa lembut dan terasa isiannya. Karena itu adonan tepungnya harus dibuat benar, Bunda.

Pada dasarnya adonan tepung bakwan kebanyakan terbuat dari tepung terigu. Tapi kalau dibuat dengan tepung terigu saja hasil bakwan akan renyah di awal saja tapi tidak tahan lama.

Kalau mau, Bunda bisa menambahkan bahan lain seperti tepung beras atau tepung maizena ke dalam adonan. Bumbu yang bisa digunakan untuk membuat bakwan adalah bumbu halus yang terbuat dari bawang putih, bawang merah, garam, dan sedikit merica.

bakwan udangIlustrasi bakwan/ Foto: Instagram @heipiahfamily

Selain tepung, bumbu dan sayuran, yang tak kalah penting adalah bahan cairnya. Bahan cair yang digunakan bisa berupa santan dan air. Apapun bahan cair yang digunakan pastikan dingin supaya hasil bakwannya renyah maksimal.

2. Adonannya, Bun

Tips membuat adonan bakwan adalah bagaimana kita bisa membuat adonan yang komposisi tepung, sayuran, dan bahan cairnya seimbang. Tak lupa adonan ini juga harus memiliki rasa dari bumbu halus dan bumbu-bumbu lainnya.

Kalau mau membuat adonan tepung bakwan yang renyahnya tahan lama, adonan bakwan harus lebih encer. Adonan yang encer ini akan lebih cepat mematangkan bakwan dan lebih garing saat digigit.

Jangan sampai tekstur bakwan kental atau terlalu banyak tepung, Bun. Karena bisa-bisa bakwan cuma tebal saja tapi tidak renyah.

Kalau Bunda mau menguji kerenyahan bakwan, silakan goreng sebanyak satu sendok sayur dulu dan goreng sampai kuning keemasan. Jika bakwannya terlalu tebal, bisa tambahkan bahan cairnya lagi. Begitu juga kalau Terlalu encer bisa ditambahkan tepung.

3. Cara goreng

Usahakan Bunda menggunakan penggorengan yang cekung dan minyak yang banyak. Kemudian panaskan minyak dengan api sedang.

Setelah itu, sendokkan adonan bakwan di pinggir-pinggir wajan dan biarkan adonan jatuh sendiri ke dalam minyak. Siram-siram adonan bakwan sampai tidak lengket dan akhirnya terlepas sendiri dari penggorengan dan masuk ke dalam minyak goreng.

Tips lain saat menggoreng bakwan renyah adalah menusuk-nusuk bakwan dengan ujung spatula untuk mengeluarkan adonan yang masih basah dari dalam bakwan. Setelah itu lanjutkan menggoreng hanya menggunakan api sedang saja sampai bakwan kuning keemasan baru angkat.

Semoga tips di atas bisa membantu Bunda menyajikan takjil lezat hari ini ya. Seperti yang tersaji juga di dalam video berikut

[Gambas:Video Haibunda]





(mua/mua)
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!