sign up SIGN UP search

moms-life

6 Cara Merawat Tanaman yang Terletak di Dalam Ruangan, Jangan Salah ya Bun

Bella Barliana   |   Haibunda Selasa, 02 Nov 2021 04:00 WIB
PEMANGKASAN DIPERLUKAN UNTUK MENGHINDARI PENYEBARAN PENYAKIT PADA TANAMAN INDOOR
a human hand spray on dumbcane leave in the evening indoor at balcony using a spray bottle watering the plant caption

4. Kendalikan hama serangga

Beberapa serangga umumnya menyerang tanaman indoor. Untuk mengatasi ini, Bunda bisa menggunakan sabun insektisida yang efektif untuk menyingkirkan sebagian besar hama bertubuh lunak seperti kutu daun dan tungau laba-laba.

Selain itu, semprotan air yang kuat dari selang juga bisa membantu menghilangkan populasi hama pada tanaman Bunda. Alkohol yang digosokkan menggunakan kapas akan bekerja efektif pada serangga dengan lapisan lilin seperti kutu putih, atau serangga bersisik.

Jika memiliki tanaman indoor yang sering terkena hama dengan perkembangbiakan cepat, seperti kutu daun dan tungau laba-laba, Bunda mungkin perlu merawatnya sekali dalam seminggu.


Selain hama serangga, ada juga jenis hama berupa lalat hitam kecil yang biasanya berada di sekitar tanah. Hama ini akan muncul ketika tanaman diberikan terlalu banyak air. Bunda perlu membiarkan permukaan tanah mengering di antara penyiraman dan pastikan untuk membersihkan daun mati di permukaan tanah.

5. Waspadai penyakit tanaman indoor

Buang dan musnahkan semua bagian tanaman indoor yang rusak, baik itu daun atau pun batang tanaman yang terkena penyakit tanaman. Beberapa penyakit bisa saja disebarkan oleh serangga, jadi mengurangi populasi serangga dapat membantu mencegah masalah ini.

Beberapa penyakit tanaman hias umum yang harus diwaspadai adalah embun tepung yang terlihat seperti bintik-bintik putih tepung pada daun, bintik jamur pada daun yang bisa berupa bintik-bintik kuning, coklat, atau hitam pada daun, dan busuk akar yang dicirikan lembek dan berwarna gelap.

6. Pangkas bunga dan daun yang rusak

Pemangkasan perlu dilakukan, terutama ketika Bunda melihat ada bunga dan daun yang rusak. Hal ini dilakukan untuk mendorong tanaman tumbuh lebih subur dan membantu mencegah masalah penyakit.

Pastikan Bunda membuang membuang daun kuning, coklat, atau layu. Gunakan pemangkas tangan bermata kecil atau gunting tajam untuk membuat potongan yang bersih tanpa merobek batang tanaman.

Akan lebih baik jika Bunda membersihkan alat pemangkas menggunakan alkohol sebelum membersihkan tanaman lainnya untuk menghindari penyebaran hama dan penyakit.

(fia/fia)
HALAMAN :
ARTIKEL SELANJUTNYA
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!