sign up SIGN UP search


moms-life

Benarkah Minyak Kelapa Bisa Digunakan untuk Atasi Vagina Kering? Ini Penjelasannya

Kinan   |   Haibunda Selasa, 09 Nov 2021 21:45 WIB
PERLUKAH MEMAKAI PELUMAS BERUPA MINYAK KELAPA MURNI?
Untuk masalah vagina kering, pemakaian lubrikan bisa bantu mengatasinya. Tapi benarkah minyak kelapa bisa jadi salah satu pilihan? caption

Perlu juga dicatat bahwa pelumas berbahan dasar minyak, seperti minyak kelapa, umumnya lebih sulit digunakan dan berisiko menimbulkan bekas noda pada pakaian dalam atau seprai. 

Jika Bunda memiliki masalah vagina kering dan ingin menggunakan tambahan pelumas saat berhubungan seks, lebih baik gunakan produk pelumas berbahan dasar air (water-based lubricant), ya.

Sesuaikan pilihan pemakaian dengan kebutuhan dan kondisi kesehatan vagina. Hentikan pemakaian jika tidak cocok dan memicu reaksi alergi.


Kesimpulan

Minyak kelapa menjadi salah satu pilihan pelumas alami untuk mengatasi vagina kering yang populer. Kendati demikian, hingga saat ini belum ada penelitian khusus tentang penggunaan minyak kelapa sebagai pelumas vagina.

Studi yang ada sejauh ini hanya menunjukkan bahwa minyak kelapa umumnya aman digunakan pada kulit bagian luar.

Pada orang dengan kulit sensitif, penggunaan minyak kelapa dapat menyebabkan iritasi. Misalnya seperti kemerahan, rasa gatal dan perih.

Jika ini sampai terjadi, sebaiknya segera hentikan penggunaan dan konsultasi ke dokter terlebih dahulu ya, Bunda.

(fia/fia)
HALAMAN :
ARTIKEL SELANJUTNYA
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!