sign up SIGN UP search


moms-life

5 Manfaat Pakai Lubrikan Tambahan saat Berhubungan Seks, Bunda Pernah Coba?

Kinan   |   Haibunda Rabu, 24 Nov 2021 22:00 WIB
SEKS LEBIH NYAMAN
Secara alami, vagina menghasilkan pelumasan yang membantu melancarkan aktivitas seksual. Jika ini tak cukup, Bunda bisa menggunakan lubrikan tambahan. caption

3. Membantu menurunkan risiko infeksi menular seksual

Dikutip dari Healthline, vagina yang kurang terlumasi saat berhubungan seks rentan membuat terjadinya robekan membran pada vagina. Nah, kondisi ini diketahui menjadi salah satu faktor risiko infeksi menular seksual (IMS).

4. Membuat aktivitas seks jadi lebih nyaman

Ketika vagina terlumasi dengan cukup, penetrasi dapat dilakukan dengan lebih nyaman dan 'lancar'. Seks pun terhindari dari rasa sakit akibat vagina yang terlampau kering.

Ketika seks dilakukan secara terpaksa dan tak nyaman, peluang orgasme pun bisa jadi menurun.


5. Mempercepat waktu persiapan seks

Dengan menggunakan lubrikan tambahan, Bunda pun jadi dapat berhubungan seks jauh lebih cepat daripada harus menunggu tubuh memberikan pelumas alaminya. 

Meski begitu, ingatlah bahwa penggunaan lubrikan alami perlu memperhatikan kemungkinan adanya reaksi alergi. Termasuk seperti gatal atau kemerahan. 

Jika mengalaminya, hentikan dulu penggunaan lubrikan alami tersebut sambil memeriksakan diri ke dokter. Ini terutama ketika reaksi alergi justru bertambah semakin parah setelah pemakaian dihentikan.

 

(fia/fia)
HALAMAN :
ARTIKEL SELANJUTNYA
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!