sign up SIGN UP search


moms-life

Jumlah Kalori yang Terbakar Saat Lakukan 5 Aktivitas Seks, Seperti Olahraga Bun

Kinan   |   Haibunda Rabu, 17 Nov 2021 21:45 WIB
Shot of a couple relaxing at home caption

Berbagai gerakan dan aktivitas seks diketahui memberi efek seperti olahraga pada tubuh. Tapi sebenarnya ada berapa banyak kalori yang dibakar?

Dikutip dari Woman's Day, jumlah kalori yang dibakar tubuh melalui aktivitas seks sebenarnya dipengaruhi oleh beberapa faktor. Mulai dari berat badan hingga kebiasaan latihan fisik sehari-hari.

"Jumlah kalori yang dibakar turut bergantung pada berat badan seseorang. Termasuk juga daya tahan kerja jantung dan aktivitas fisik yang biasa dilakukan," ujar asisten profesor kebidanan dan ginekologi di Boston Medical Center, Teju Adegoke, MD, MPH.


Selain itu, penerapan posisi seks tertentu juga dapat memengaruhi seberapa banyak jumlah kalori terbakar. 

Seperti disampaikan oleh pakar kesehatan seks, Gigi Engle, posisi saat berada di atas akan membuat detak jantung lebih tinggi daripada posisi di bawah. 

Jadi, sebenarnya seperti apa rata-rata perhitungan jumlah kalori yang dibakar melalui aktivitas intim? Berikut ulasannya:

1. Berciuman

Berciuman tak hanya dapat dilakukan sebagai aktivitas intim saat foreplay, tetapi juga membantu membakar ekstra kalori, lho.

"Jika ciuman dilakukan dengan intens dan melibatkan beberapa gerakan tubuh, dalam satu jam bisa terbakar hingga hampir 90 kalori," tutur seksolog Jaiya Kinzbach.

Untuk menambah jumlah tersebut, cobalah sesekali lakukan ciuman dengan posisi yang lebih menantang. Kinzbach menyebutkan misalnya saat foreplay lakukan berciuman dengan posisi push-up. Ini dapat membakar hingga 171 kalori dalam 30 menit.

2. Memijat

Dilansir Everyday Health, psikiater Carole Lieberman, MD, menuturkan aktivitas saling memijat dapat membakar hingga 80 kalori per jam. 

Tapi ingat, meskipun massaging dapat meningkatkan detak jantung dan membantu membakar ekstra kalori, cara untuk meningkatkan intensitasnya bukan dengan mempercepat tempo. Sebaliknya, pertimbangkan untuk memijat dengan tempo yang lebih lambat. 

"Tempo yang lebih lambat tidak hanya lebih sensual, ini juga melatih otot yang berbeda," imbuh Kinzbach.

Nah, apa lagi aktivitas intim yang dapat membantu membakar lebih banyak kalori dalam tubuh saat dilakukan dengan intens? Yuk simak informasi lengkap di halaman selanjutnya, Bunda!

BAKAR KALORI SAAT PENETRASI, SEKS ORAL, MAUPUN BERDANSA
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!