sign up SIGN UP search


moms-life

5 Tips & Resep Buat Bakwan Jagung Renyah, Anti Lembek Bun

Annisa Afani   |   Haibunda Kamis, 23 Dec 2021 20:04 WIB
Bakwan Jagung, Indonesian corn fritters served with red chillies caption
Jakarta -

Bakwan jagung menjadi gorengan yang tak hanya enak disantap sebagai camilan, namun juga juga bisa menemani sepiring nasi hangat ya, Bunda. Tentunya, makanan ini akan lebih nikmat jika tetap renyah dan tidak lembek seiring berjalannya waktu.

Untuk diketahui bersama, jagung sebenarnya mampu memenuhi kebutuhan karbohidrat dan jadi sumber tenaga bagi tubuh. Dilansir dari Mayo Clinic Health System, biji-bijian ini pun diketahui memiliki kandungan serat yang tinggi dan dapat membantu melancarkan pencernaan.

Selain itu jagung juga mengandung vitamin B dan mineral penting yang menutrisi tubuh seperti magnesium, dan zat besi. Jagung jika ditambahkan dengan bumbu atau suatu resep, mampu meningkatkan cita rasanya.


Jagung juga bisa dijadikan sebagai bahan makanan pokok pengganti nasi, camilan, atau bahkan lauk. Salah satu resep dengan bahan baku yang memanfaatkan sayuran ini adalah bakwan jagung.

Berikut tips membuat bakwan jagung renyah yang telah dirangkum dari berbagai sumber:

1. Gunakan tepung protein rendah

Tepung terigu protein rendah mengandung kadar gluten yang rendah, sehingga akan membuat gorengan lebih renyah daripada tepung dengan kandungan gluten tinggi. Demikian dilansir ChefSteps.

Sedangkan tepung dengan kandungan gluten atau protein tinggi menghasilkan lapisan goreng yang keras dan kenyal yang rentan menyerap terlalu banyak minyak. Jadi hindari pakai tepung terigu protein tinggi ya, Bunda.

Banner Pria Korea Syok Nikahi Wanita RI

2. Pakai tepung beras

Mike Manno, chef riset dan pengembangan di CSSI, sebuah agen jasa makanan di AS menjelaskan bahwa tepung beras menyerap lebih sedikit minyak daripada tepung lainnya saat digoreng, menghasilkan lebih sedikit kalori dari lemak dan produk yang kurang berminyak.

3. Minyak harus panas

Bunda perlu memperhatikan suhu saat menggoreng perkedel jagung. Kalau belum panas, maka minyak akan menyerap ke dalam perkedel. Bunda bisa tes panas atau sebelumnya minyak lewat setetes adonan. Jika tetesan tadi naik dan berbuih tanda minyak sudah panas. Jangan lupa goreng dengan api sedang supaya tidak mudah gosong.

4. Jangan masukkan banyak perkedel dalam satu wajan

Jangan buru-buru masukkan banyak adonan perkedel dalam satu wajan. Jika banyak-banyak, justru bisa menurunkan suhu dan perkedel akan menyerap minyak. Masukkan tiga sampai empat perkedel dalam satu kloter jika punya wajan sedang.

5. Tiriskan dengan benar

Bila sudah kuning kecokelatan dan terasa garing angkat dan tiriskan. Jika Bunda tak ingin perkedel jagung menyerap banyak minyak, tiriskan dengan posisi berdiri. Bunda bisa alasi juga dengan tisu dapur (bukan tisu wajah). Tunggu sampai tetesan minyak di perkedel berhenti.

Untuk resep bakwan jagung renyah dan tidak lembek, bisa dilihat di halaman berikutnya Bunda.

Bunda, simak juga resep bakwan kangkung dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

RESEP BAKWAN JAGUNG RENYAH
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!