moms-life

Jangan Kejebak Bun, Begini Cara Cek Pinjol Legal atau Ilegal

Annisa A   |   HaiBunda

Sabtu, 26 Mar 2022 17:05 WIB

Jakarta -

Pinjaman online alias pinjol kerap meresahkan masyarakat. Tampak menggiurkan di awal, namun jenis pinjaman ini ternyata sangat merugikan apabila bersifat ilegal.

Tak semua pinjol ilegal, Bunda. Ada juga yang resmi dikeluarkan oleh pihak terpercaya. Namun sayangnya, masih banyak orang yang terjebak iming-iming pinjol ilegal. Bukannya terbantu, mereka justru semakin terpuruk akibat pinjol.

Oleh karena itu, masyarakat yang memang ingin melakukan pinjaman online harus lebih berhati-hati dalam memilih layanan pinjol. Ada berbagai cara yang bisa Bunda lakukan, lho.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT


Bunda dapat mengecek apakah pinjol itu legal atau ilegal, baik melalui WhatsApp hingga situs resmi OJK. Berikut ini dua cara mudah untuk memastikan legalitas suatu pinjaman online:

  • Cek di website OJK melalui www.ojk.go.id atau klik link https://bit.ly/daftarfintechlendingOJK
  • Hubungi kontak OJK 157. Melalui WhatsApp di nomor 081157157157, atau telepon di 157 dan bisa juga email ke [email protected]
Ortu Beri Nama AnakFoto: annisa shofia/HaiBunda

Hingga Maret 2022, saat ini ada berbagai layanan pinjaman online yang dipastikan legal di Indonesia. Ada sekitar 102 layanan pinjol yang terdaftar secara resmi di OJK, dan telah mendapatkan izin dari lembaga tersebut.

Deretan layanan pinjaman online ini sudah memenuhi syarat-syarat Otoritas Jasa Keuangan untuk menjalankan bisnis pinjol yang baik dan benar, mulai dari pemodalan hingga proses peminjaman.

Pinjaman onlineĀ ilegal biasanya memberikan penawaran yang menggiurkan. Akan tetapi, mereka juga memiliki bunga tinggi yang bisa mempersulit para peminjam di kemudian hari.

Bunga yang tinggi membuat Bunda harus menghadapi tumpukan utang lebih besar apabila mengandalkan pinjaman online ilegal. Salah satu ciri pinjol ilegal yaitu penawaran lewat SMS. Jangan sampai tergiur ya, Bunda.

Ketua Satuan Tugas Waspada Investasi Tongam L. Tobing mengatakan, salah satu hal paling berbahaya di pinjol ilegal adalah pencurian data pribadi. Data tersebut didapatkan dengan cara meminta peminjam untuk mengizinkan mengakses data dan kontak yang ada di HP mereka.

LANJUTKAN MEMBACA KLIKĀ DI SINI.

Saksikan juga video tentang 7 shio yang diprediksi paling cuan di tahun 2022:

[Gambas:Video Haibunda]

(anm/fir)

TOPIK TERKAIT

HIGHLIGHT