sign up SIGN UP search


moms-life

3 Tips Memilih Serum Sesuai dengan Kebutuhan Wajah, Ketahui Jenis Kulit

Mutiara Putri   |   Haibunda Minggu, 15 May 2022 06:30 WIB
Eye zone care concept. Happy beautiful asian girl applying eye serum in front of mirror at home Ilustrasi Pakai Serum/Foto: Getty Images/iStockphoto/Prostock-Studio
Jakarta -

Ada berbagai macam produk skincare yang bisa Bunda gunakan untuk perawatan kulit. Salah satunya yang penting digunakan adalah serum wajah.

Serum sendiri merupakan zat sintetis seperti silikon dan gliserin yang digunakan untuk menghasilkan tekstur serum yang tipis dan licin. Bahan-bahan yang terdapat pada serum biasanya tidak menyumbat pori-pori.

Saat Bunda memutuskan untuk menggunakan serum pada rutinitas perawatan kulit, wajah Bunda nantinya akan tampak lebih glowing . Tak hanya itu, perlahan-lahan masalah kulit yang Bunda hadapi juga akan menghilang.


Seorang dokter kulit, Dr. S. Manjula Jegasothy, MD, mengungkapkan cara mudah dan tepat menggunakan serum, nih. Bunda harus gunakan ujung jari yang bersih seperti saat menggunakan produk lainnya.

Banner 5 Tanda Janin Meninggal

Tak hanya itu, Dr. Jegasothy juga mengungkapkan kalau pengaplikasian serum harus penuh kehati-hatian. Jangan sampai Bunda mengoleskannya pada area mata karena bisa merusak kapiler halus di bawah kelopak mata.

"Mengoleskan apapun ke area mata harus dilakukan dengan sangat lembut, dengan metode menepuk. Jangan pernah menggosok krim atau serum ke area mata karena dapat merusak kapiler halus yang terletak di bawah kulit kelopak mata yang tipis, yang kemudian dapat menyebabkan lingkaran di bawah mata," katanya dikutip dari laman Instyle.

Tips memilih serum sesuai kebutuhan wajah

Tidak semua serum bisa Bunda gunakan pada wajah, nih. Bunda harus pilih serum sesuai dengan masalah kulit yang tengah dihadapi. Melansir dari berbagai sumber, berikut ini deretan tipsnya.

1. Ketahui jenis kulit

Menurut Dr. Jegasothy, ada banyak cara memilih serum yang sesuai dengan kebutuhan. Namun, pastikan Bunda sudah tahu jenis kulit yang dimiliki terlebih dahulu sebelum memilih serum.

Kalau Bunda memiliki kulit berminyak, serum dengan asam salisilat atau asam glikolat adalah serum terbaik. Sementara itu, untuk kulit kering, Bunda bisa gunakan serum dengan formula yang mengandung protein penghidrasi seperti asam hialuronat.

Serum juga bisa digunakan untuk Bunda yang mengalami tanda-tanda penuaan serta kulit kusam, nih. Untuk itu, Bunda bisa pilih serum dengan kandungan vitamin C dan retinol.

Klik baca halaman berikutnya yuk, Bunda!

Saksikan juga video serba-serbi mengatasi jerawat berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]



TIPS PILIH SERUM SESUAI KEBUTUHAN
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!