sign up SIGN UP search


moms-life

7 Manfaat Seks bagi Kesehatan, Salah Satunya Bisa Meredakan Stres Bun

Mutiara Putri   |   Haibunda Kamis, 12 May 2022 22:50 WIB
Couple is lying on the bed and making heart with their hands Ilustrasi Seks/Foto: Getty Images/praetorianphoto
Jakarta -

Hubungan seksual merupakan salah satu hal yang menunjang keharmonisan kehidupan berumah tangga, Bunda. Tak hanya bisa semakin dekat dengan pasangan, ternyata kegiatan ini juga memberikan segudang manfaat bagi kesehatan.

Tak hanya dilakukan untuk memenuhi hasrat dan gairah, hubungan seks juga dilakukan untuk mempertahankan kesehatan nih, Bunda. Siapa sangka kalau hubungan seks bisa memberikan banyak manfaat.

Banyak pasangan yang mulai mengurangi aktivitas seksual saat mereka memiliki anak. Padahal, kegiatan seks ini harus tetap dilakukan sebagai bentuk ekspresi rasa cinta.


Manfaat kegiatan seks bagi kesehatan

Melansir dari laman WebMD, setidaknya ada 7 manfaat kegiatan seks bagi kesehatan yang perlu Bunda tahu, nih. Kalau penasaran, berikut ini Bubun bantu rangkumkan deretannya.

Banner 5 Tanda Janin Meninggal

1. Menjaga sistem kekebalan tubuh

Pasangan yang terus menjaga hubungan seksualnya cenderung lebih sulit jatuh sakit, Bunda. Hal ini diungkapkan langsung oleh seorang pakar kesehatan seksual, Yvonne K. Fullbright, PhD.

Orang-orang yang sering melakukan hubungan seksual memiliki sistem kekebalan tubuh yang tinggi dari kuman maupun virus lainnya. Mereka yang berhubungan seks sekali atau dua kali dalam seminggu memiliki tingkat antibodi tertentu dibandingkan mereka yang jarang berhubungan seks.

Meski memiliki sistem kekebalan tubuh yang baik, tetap ada beberapa hal yang harus Bunda perhatikan. Misalnya saja makan yang benar, tidur yang cukup, hingga melakukan berbagai macam vaksinasi.

2. Meningkatkan libido

Menurut seorang asisten profesor klinis kebidanan dan ginekologi, Lauren Streicher, MD, melakukan hubungan seks bisa membuat libido Bunda meningkat, nih. Lebih lanjut, Lauren mengatakan bahwa seks bisa meningkatkan pelumas vagina, darah dan elastisitas, lho.

3. Meningkatkan kontrol kandung kemih

Dasar panggul yang kuat penting untuk menghindari terjadinya inkontinesia pada wanita, Bunda. Hal ini bisa dilakukan dengan seks yang teratur.

Seks yang dilakukan dengan cara yang benar bisa melatih otot dasar panggul nih, Bunda. Ketika mengalami orgasme, kontraksi pada otot akan memperkuat dasar panggul.

Klik baca halaman berikutnya untuk mengetahui manfaat lainnya, yuk.

Saksikan juga video penyebab suami langsung tidur usai bercinta berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]



MANFAAT SEKS BAGI KESEHATAN
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!