moms-life

5 Cara Memasak Pare Agar Tidak Pahit, Gosok Permukaan Kasar hingga Halus

Mutiara Putri   |   HaiBunda

Senin, 30 May 2022 11:22 WIB

Jakarta -

Pare merupakan salah satu jenis sayuran yang bisa diolah menjadi berbagai macam masakan. Sayangnya, rasa pare yang pahit membuat banyak orang enggan memasak pare, nih.

Meski memiliki rasa yang pahit, ternyata pare sangat bermanfaat untuk kesehatan lho, Bunda. Tanaman dari keluarga labu ini juga berkerabat dekat dengan zucchini, labu siam, labu kuning, dan mentimun.

Mengutip dari laman Healthline, pare sangat kaya akan vitamin C dan mikronutrien yang penting bagi kesehatan. Kandungan ini bisa membantu mencegah berbagai macam penyakit, pembentukan tulang, hingga penyembuhan luka.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT


Tak hanya itu, pare juga tinggi akan vitamin A. Vitamin ini bisa larut dalam lemak sehingga bisa meningkatkan kesehatan kulit serta daya penglihatan.

Banner Benarkah Seks Menyakiti Janin

Berkat kandungannya, pare juga dijadikan obat untuk penyakit diabetes, lho. Dalam beberapa tahun terakhir, beberapa penelitian telah mengkonfirmasi peran pare dalam pengendalian gula darah.

Studi lain pada 40 penderita diabetes menemukan bahwa mengonsumsi 2.000 mg pare per hari selama 4 minggu bisa menurunkan kadar gula darah dalam jangka panjang, Bunda.

Untuk Bunda yang memiliki kolesterol, pare juga bisa dijadikan obat yang sangat manjur, nih. Beberapa penelitian yang dilakukan pada hewan menemukan bahwa pare bisa menurunkan kadar kolesterol untuk mendukung kesehatan jantung secara keseluruhan.

Salah satu studi yang dilakukan pada hewan tikus dengan diet tinggi kolesterol mengamati pemberian ekstrak pare bisa menyebabkan penurunan dalam kolesterol jahat dan trigliserida.

Studi lainnya bahwa mencatat bahwa tikus tersebut secara signifikan mengalami penurunan gula darah yang besar ketika dosis pare ditambah.

Segudang manfaat ini mungkin tetap tidak akan membuat Bunda jadi menyukai pare karena rasanya yang pahit. Padahal, ada cara memasak yang bisa menghilangkan rasa pahit pada pare, nih.

Cara memasak pare agar tidak pahit

Setidaknya ada lima tips memasak pare yang bisa Bunda coba untuk menghilangkan rasa pahitnya, nih. Merangkum dari laman NDTV Food, berikut ini deretan tipsnya.

1. Gosok permukaan kasar

Seperti yang Bunda tahu, pare memiliki permukaan kulit yang kasar dan bergerinjil. Untuk mengurangi rasa pahitnya, Bunda bisa mengikis permukaan kasar ini hingga halus. Kalau ingin, Bunda juga bisa menggunakan alat pengupas untuk membantu menghaluskan pare.

Klik baca halaman berikutnya untuk melihat tips lainnya, yuk!

Bunda, yuk download juga aplikasi Allo BankĀ di sini.

Saksikan juga video 3 langkah praktis membuat kunyit bubuk di rumah berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]



TOPIK TERKAIT

HIGHLIGHT