sign up SIGN UP search


moms-life

7 Tips Diet untuk Meniruskan Pipi Agar Terlihat Lebih Kurus

Arina Yulistara   |   Haibunda Selasa, 07 Jun 2022 06:30 WIB
TIDUR HARUS 8 JAM SETIAP MALAM
Natural beauty. Healthy skin. Dermatology hygiene. Cheerful smiling woman touching healthy fresh face on light defocused bathroom at morning. caption

4. Makan lebih banyak serat

Salah satu rekomendasi paling populer dalam diet untuk menurunkan berat badan dan melangsingkan wajah adalah dengan meniruskan pipi dengan meningkatkan asupan serat. Serat adalah zat dalam makanan nabati yang tidak diserap tubuh setelah mengonsumsinya. 

Serat bergerak perlahan melalui saluran pencernaan, sehingga membuat Bunda merasa kenyang lebih lama. Cara ini bisa membantu mengurangi keinginan makan camilan tidak sehat, bahkan menekan nafsu makan.

Serat secara alami ditemukan dalam berbagai makanan, termasuk buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, dan biji-bijian. Idealnya, Bunda harus mengonsumsi setidaknya 25 sampai 38 gram serat per hari dari sumber makanan kaya akan serat.


5. Tidur cukup 

Memiliki waktu tidur yang cukup juga merupakan bagian dari diet untuk meniruskan pipi. Sebab, kurang tidur dapat menyebabkan peningkatan kadar hormon stres kortisol. 

Penelitian telah menunjukkan bahwa kadar kortisol yang tinggi dapat meningkatkan nafsu makan dan mengubah metabolisme, menghasilkan peningkatan penyimpanan lemak. Berbeda jika Bunda tidur lebih banyak.

Satu studi menemukan bahwa kualitas tidur yang lebih baik dikaitkan dengan keberhasilan penurunan berat badan. Tidurlah setidaknya 8 jam setiap malam untuk membantu manajemen berat badan ya, Bunda.

6. Latihan kardio

Seringkali lemak ekstra di wajah merupakan hasil dari kelebihan lemak tubuh. Salah satu latihan yang bisa membantu diet untuk meniruskan pipi adalah kardio atau aerobik, semua jenis aktivitas fisik yang meningkatkan detak jantung.

"Diet kaya protein, latihan kardio, dan minum banyak air adalah cara terbaik untuk mengurangi lemak wajah," tambah Dr. Nivedita.

7. Senam wajah

Senam wajah bisa membantu diet mengecilkan pipi, memerangi penuaan, dan meningkatkan kekuatan otot di sekitarnya sehingga membuat pipi lebih ramping. Dilansir dari Healthline, hal ini sudah dijelaskan dalam sebuah penelitian.

Beberapa senam wajah yang populer untuk membantu diet mengecilkan pipi seperti, menggembungkan pipi kemudian mendorong udara dari sisi kanan ke kiri lalu lakukan sebaliknya. Kemudian mengerutkan bibir ke kedua sisi bergantian.

Ada pula senam dengan menahan senyum sambil mengatupkan gigi selama beberapa detik. Studi lain menunjukkan bahwa latihan otot wajah dua kali sehari selama 8 minggu akan meningkatkan ketebalan otot dan peremajaan wajah.

Perlu diingat bahwa penelitian tentang efektivitas latihan wajah untuk diet mengecilkan pipi secara khusus masih kurang dan diperlukan evaluasi lebih lanjut. Namun tak ada salahnya dicoba, Bunda.

Sudah mencoba langkah-langkah diet untuk meniruskan pipi belum, Bun?

(fia/fia)
HALAMAN :
ARTIKEL SELANJUTNYA
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!