sign up SIGN UP search


moms-life

7 Tips Pemakaian AC agar Tidak Boros Listrik, Bunda Sudah Lakukan Belum?

Mutiara Putri   |   Haibunda Kamis, 09 Jun 2022 11:30 WIB
Closeup people using remote control adjust room temperature in home office pointing to Air conditioner in hot summer season. caption
Jakarta -

Banyak orang yang mengeluhkan kenaikan harga listrik padahal tidak menggunakan terlalu banyak alat elektronik, Bunda. Bisa jadi, hal ini berasal dari penggunaan AC yang tidak cerdas.

Saat musim hujan, mungkin Bunda bisa sedikit menghemat penggunaan AC dan menggunakan kipas angin. Namun, saat musim kemarau tiba, rasanya penggunaan AC tidak bisa dihindari.

Jangan khawatir, Bunda. Menggunakan AC dengan secara hemat bisa membantu Bunda tetap tenang dan tidak perlu terlalu memikirkan anggaran.


Meskipun digunakan secara hemat, Bunda tetap tidak bisa membandingkan pengeluaran saat menggunakan AC dan kipas angin. Penggunaan AC tetap akan jauh lebih mahal.

Banner Resep Budget Rp30 Ribu

Tips pemakaian AC agar hemat listrik

Ada banyak tips yang bisa Bunda lakukan agar pemakaian AC bisa jauh lebih hemat sehingga enggak boros listrik. Mengutip dari laman Apartmenet Therapy, berikut ini deretannya.

1. Tutupi unit AC

Unit AC biasanya diletakkan di luar ruangan atau di luar rumah, Bunda. Agar lebih hemat, ada baiknya letakkan unit AC di tempat teduh.

Jangan sampai unit AC terjemur di bawah sinar matahari. Kalau berada di bawah sinar matahari, Bunda bisa gunakan tenda atau penutup lainnya untuk melindungi unit AC agar tidak terlalu panas.

2. Batasi aktivitas penghasil panas

Ada beberapa hal yang bisa membuat udara sekitar rumah jadi lebih panas sehingga Bunda membutuhkan AC, nih. Misalnya saja memasak dan memanggang secara berlebihan.

Batasi penggunaan oven agar rumah tetap terasa sejuk tanpa penggunaan AC, Bunda. Cobalah makanan yang tidak perlu dimasak dengan cara berlebihan agar lingkungan rumah tidak terlalu panas.

Tak hanya memasak dengan oven atau panggangan, kegiatan menyetrika juga bisa menyebabkan suhu ruangan jadi lebih panas. Untuk itu, Bunda bisa tunda kegiatan ini hingga waktu malam tiba.

3. Beri suhu yang nyaman

Seorang CEO dari National Air Warehouse, Brandi Andrews, mengungkapkan bahwa bertahan dengan satu suhu dan tetap dengan suhu tersebut adalah salah satu langkah cerdas untuk mendinginkan ruangan secara ekonomis, Bunda.

Menurut Brandi, walau Bunda menyetel suhu di angka yang tinggi, tidak menjadi masalah. Lama kelamaan, ruangan tetap akan dingin meskipun butuh sedikit waktu. Kalau ingin, Bunda juga bisa gunakan kipas angin untuk membantu mempercepat pendinginan.

"Sementara itu, nyalakan kipas angin dan duduk di depannya. Kipas angin benar-benar dapat membantu AC Anda mendinginkan ruangan," katanya.

Klik baca halaman berikutnya yuk, Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Jangan lupa lihat juga video cara mudah membersihkan wastafel mampet berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]



SERVICE BERKALA HINGGA MATIKAN AC
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!